5 Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Tanpa Oksigen

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Tanpa Oksigen – Memelihara ikan hias di rumah banyak membawa keuntungan atau manfaat bagi Anda. Pemandangan ikan hias dalam akuarium dan gerak-geriknya dalam akuarium dipercaya dapat membuat pikiran Anda menjadi tenang sehingga dapat menghilangkan stress, turunnya tekanan darah tinggi, dan memulihkan penyakit alzheimer.Jenis ikan hias sangat banyak mulai dari ukuran yang kecil hingga yang besar.

Di Indonesia sendiri jenis dan ragam ikan hias mencapai ratusan jenis. Para kolektor dan pencinta ikan hias berlomba-lomba membudidayakan ikan hias tersebut sehingga tidak punah. Salah satu jenis ikan hias yang paling populer hampir di semua kalangan adalah ikan cupang. Ikan cupang ini memeiliki vareasi warna yang sangat indah. Selain itu ikan cupang juga sering dijadikan sebagai ajang perlombaan terutama jenis hias. Selain tidak ribet dalam memeliharanya ada beberapa ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen, diantaranya:

5 Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Tanpa Oksigen

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Tanpa Oksigen

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Tanpa Oksigen

Baca Juga:

 

  1. Ikan Platy

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen adalah ikan platy. Ikan platy memiliki ciri-ciri bentuk tubuh yang kecil dan berwarna-warni. Jika dipelihara dengan jumlah yang banyak, maka pemandangan akuarium di rumah Anda menjadi semakin menarik karena dihiasi dengan gerak gerik gerombolan ikan platy yang lucu dan menggemaskan. Selain itu ikan jenis ini sangat mudah beranak sehingga apabila ingin memelihara dengan jumlah yang banyak Anda tidak perlu repot-repot membelinya lagi, cukup dengan merawatnya dengan baik hingga induknya beranak. Memiliharanyapun cukup mudah karena ikan ini bisa bertahan hidup tanpa bantuan gelumbung udara yang biasanya dihasilkan dari pompa udara atau sering disebut aerator.

  1. Ikan Molly

Ikan Molly terkenal dengan ikan yang damai dan tenang dan tidak suka mengganggu jenis-jenis ikan lain. Sehingga apabila ikan ini disatukan dengan ikan hias air tawar yang lain tidak masalah. Ikan ini sangat digemari karena bentuknya yang kecil dan memiliki banyak variasi. Selain itu ikan ini juga merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen. Ikan ini bisa hidup di akuarium tanpa adanya alat pompa oksigen, sehingga Anda tidak perlu membeli alat pompa oksigen untuk dapat memilihara ikan hias di rumah. Namun, akan lebih baik jika Anda sering menguras akuarium agar ikan lebih nyaman.

  1. Ikan Cupang

Jenis ikan ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta ikan hias. Ikan cupang terdiri dari ikan cupang hias dan ikan cupang petarung. Keduanya sama-sama memiliki ekor dan sirip yang indah sehingga wajar apabila banyak diadakan kompetisi keindahan warna gradasi sirip dan ekor ikan cupang. Ikan ini bahkan mudah ditemukan di pasar ikan mana saja. Harganya berbeda-beda disesuaikan dengan keindahan gradasi warna sirip atau ekornya.  Selain warna dan bentuk tubuhnya yang indah, ikan cupang juga merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen. Ikan ini bahkan bisa dipelihara di toples, jadi wajar apabila ikan cupang menjadi favorit para pecinta ikan hias. Perawatannya tidak sulit bahkan dapat menghasilkan uang apabila menang dalam ajang kompetisi ikan cupang.

  1. Ikan Komet

Ikan komet juga menjadi salah satu dari beberapa ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen. Hal tersebut membuat banyak orang memelihara ikan jenis inii sebagai hiasan dalam akuarium ataupun kolam ikan. Namun, agar ikan lebih nyaman, lakukan pergantian air dengan cara menguras kolam atau akuarium. Selain perawatannya mudah, ikan ini juga mudah ditemukan di pasaran. Ikan ini masih satu rumpun dengan ikan koki sehingga warnanya mirip dengan ikan koki. Warnya yang orange dengan kombinasi putih yang cerah menjadi daya tarik yang dipercaya dapat membuat pikiran lebih tenang. Anda bisa mencoba memilihara ikan ini dengan jumlah lebih dari lima sehingga akan menghasilkan pemandangan yang indah di akuarium atau kolam dengan gerak-gerik gerombolan ikan komet.

  1. Ikan Guppy

Nah, jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen yang terakhir adalah ikan guppy. Ikan ini masih satu rumpun dengan ikan platy dan ikan molly. Jika dipelihara dengan jumlah yang banyak akan menghasilkan pemandangan di kolam atau akuarium Anda semakin indah karena gerak-gerik ikan guppy yang bergerombol dengan gradasi warna ekornya dapat membuat akuarium Anda lebih hidup dan indah.

Ikan guppy mudah beranak jadi tidak masalah kalau Anda ingin memelihara ikan guppy dengan jumlah yang banyak. Hanya  dengan membeli sepasang ikan guppy jantan dan betina, Anda bisa memilihara ikan guppy dengan jumlah yang banyak karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah beranak. Selain itu agar ikan guppy tidak stress, Anda perlu merawatnya dengan baik, yaitu dengan sering menguras atau mengganti air akuarium atau kolam sehingga walaupun tanpa adanya pompa oksigen, ikan guppy dapat bertahan hidup lama.

Nah, bagaimana Anda tertarik untuk memilhara beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tanpa oksigen seperti yang telah disebutkan di atas? Anda tidak perlu sungkan untuk mencari ikan ini ke toko atau pasar ikan, karena jenis ikan-ikan yang telah disebutkan di atas mudah ditemukan di toko atau pasar ikan.

Leave a Reply