Cara Memelihara Ikan Black Ghost Dan Kisaran harganya

Ikan hias kini menjadi sebuah buruan tersendiri. Tak hanya bentuknya yang cantik, dengan memiliki akuarium air tawar akan membuat interior sebuah ruangan menjadi lebih atraktif.  Salah satu yang menjadi andalan adalah ikan black ghost. Meskipun namanya terdengar menyeramkan, jenis ikan air tawar ini sangat dicari-cari sebagai salah satu ikan penghias akuarium. Apa keunikan dari jenis ikan ini? Beberapa mengamati bahwa ikan jenis ini sangat unik, dapat dilihat dari gerakannya. Beberapa menyebutkan ikan ini sebagai ikan penari balet karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik seperti penari balet. Ada pula yang menyebut ikan jenis ini sebagai ikan bendera karena jika dilihat lagi ternyata tubuhnya berenang meliuk-luk bak bendera yang sedang dikibarkan.

Tertarik untuk memelihara ikan black ghost? Dengan keunikannya ini, tentu saja jenis ikan yang satu ini dapat membuat akuarium di rumah Anda semakin menarik lagi. Lalu, bagaimana cara merawat dan memelihara ikan ini? Pertama, Anda bisa mencampurkan jenis ikan ini dengan jenis ikan air tawar lainnya dalam satu akuarium yang sama. Meskipun namanya terdengar horror dan bahkan berbau jenis predator, nyatanya ikan jenis ini bukanlah jenis predator sehingga bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa jangan sekali-kali untuk mencampurkan jenis ikan ini dengan jenis ikan predator. Dengan bentuknya yang menyerupai cacing, dikhawatirkan ikan ini akan dianggap mengganggu dan akan menjadi objek serangan dari ikan predator.

Cara Memelihara Ikan Black Ghost Dan Kisaran harganya

 

Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Baca Juga:

 

Langkah kedua untuk memelihara dan merawa ikan black ghost dengan baik adalah dengan mengatur pola pakannya. Jenis ikan ini sebaiknya diberi makan dengan blood warm atau cacing merah. Jenis pakan ini sangat membantu pertumbuhan ikan ini dengan lebih baik lagi. Sedangkan untuk pola pemberian pakan jenis ikan ini adalah dua kali dalam sehari. Dengan pola dua kali sehari dengan memberikan cacing merah, maka jenis ikan ini akan tumbuh lebih baik dan lebih terawat.

Untuk merawat kesehatan ikan black ghost, ada baiknya Anda juga memperhatikan air akuarium yang digunakan. Seperti halnya merawat ikan-ikan hias dalam akuarium, Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari air dalam akuarium tersebut. Kebersihan air sangat mempengaruhi kesehatan dan keindahan ikan hias Anda. Semakin jernih air yang digunakan, semakin terjaga pula kesehatan ikan Anda. Untuk ikan jenis ini, Anda bisa menggunakan air jernih yang memiliki kandungan pH -7. Namun, jenis air lain tetap bisa menjadi sebuah pilihan. Jika Anda menggunakan air PAM, maka ada baiknya air tersebut diendapkan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari lamanya. Sedangkan, jika Anda menggunakan air sumur maka Anda harus mengendapkannya sekitar 24 jam lamanya. Dengan demikian, air yang digunakan dalam akuarium untuk ikan jenis ini lebih jernih dan sehat tentunya.

Sebagai langkah merawat ikan black ghost, ada baiknya untuk mengenali sifat dari ikan yang satu ini. Pada dasarnya, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang aktif di malam hari dan lebih gemar bersembunyi di malam hari. Untuk itu, memperhatikan hiasan dalam akuarium sangatlah penting. Tak hanya berfungsi sebagai hiasan untuk memperindah, namun hiasan ini juga berfungsi sebagai “rumah” sementara di siang hari. Anda bisa menggunakan jenis hiasan akuarium yang berbahan dasar seperti batu-batuan atau kayu. Yang perlu digaris bawahi adalah pilihan warna untuk hiasan. Pilihlah warna hitam atau gelap, karena ikan jenis ini tidak terlalu suka dengan warna-warna terang bahkan mencolok.

Setelah mengetahui bagaimana cara memelihara dan merawat ikan black ghost, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa karakteristik dari jenis ikan yang satu ini. Jika sebelumnya Anda sudah mengenal tentang jenis air yang lebih baik digunakan sebagai habitat ikan ini, maka sekarang Anda juga harus bisa membedakan jantan dan betinanya ikan ini. Anda bisa membedakan ikan mana yang jantan dan ikan mana yang betina dari ciri-ciri fisiknya yang kasat mata. Untuk ikan jantan jenis ini biasanya dicirikan oleh ukurannya yang lebih besar, lurus, ramping, dan panjang. Selain itu, ikan jantan juga memiliki gerakan yang lebih lincah dibandingkan ikan betina. Berbeda dengan yang jantan, ikan betina memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil, tidak lurus, dan bahkan cenderung lebih gemuk  sehingga gerakannya tidak selincah ikan jantan.

Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan hias jenis ini, maka Anda bisa berburu langsung ke toko-toko penjual ikan hias. Belakangan, sudah marak sekali penjual ikan black ghost. Biasanya untuk seekor ikan jenis ini dengan ukuran sekitar 10cm akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5,000 hingga Rp 10,000. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar, yakni sekitar di atas 15 cm akan dibanderol mulai dari Rp 25,000

Leave a Reply