Ikan Barakuda yang Galak Namun Bermanfaat

Ikan barakuda merupakan salah satu jenis ikan laut predator karena cukup buas dengan deretan gigi yang besar tajam seperti pisau dan menjadi pemangsa ikan-ikan yang berukuran lebih kecil. Ikan buas tersebut sangat suka hidup di perairan laut tropis yang hangat seperti perairan samudera Pasifik dan samudera Atlantik, termasuk perairan laut Karibia. Biasanya ketika akan memangsa, barakuda berburu mangsanya secara bergerombol dan kemudian bersama-sama menyerang gerombolan ikan yang berukuran lebih kecil seperti ikan belanak. Namun barakuda yang suka hidup bergerombol biasanya barakuda yang masih muda untuk melindungi diri dari predator, sedangkan barakuda yang lebih dewasa dan berukuran besar lebih suka hidup sendiri secara otoriter sebagai pemangsa di lautan lepas.

Rata-rata barakuda bisa tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 3 sampai 4 kaki atau sepanjang kurang lebih 1 meter. Sedangkan barakuda yang berukuran besar bisa mencapai panjang hingga 8 kaki atau kurang lebih 2 meter. Tubuh barakuda tersebut sangat ramping sehingga tampak panjang dan mampu berenang dengan sangat cepat dengan bantuan kedua sirip di bagian belakang badan. Motif sisik tubuh ikan barakuda berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Ada yang bermotif garis-garis vertikal berwarna metalik atau hitam, dan ada pula yang bermotif titik-titik putih atau hitam di bagian badannya. Barakuda dapat ditemui di daerah selat, teluk-teluk pantai, hingga semenanjung.

 

Ikan Barakuda yang Galak Namun Bermanfaat

Ikan Barakuda

Ikan Barakuda

 

Ada sekitar 26 jenis ikan barakuda yang tersebar di beberapa laut di dunia. Memancing barakuda terkadang sengaja dilakukan oleh orang-orang yang hobi memancing di laut. Selain itu, meskipun termasuk hewan yang cukup buas, biasanya barakuda ditangkap oleh nelayan untuk dikonsumsi atau dijual di pasar ikan karena memang bisa dikonsumsi. Namun dari seluruh jenis barakuda tersebut, ada beberapa jenis barakuda yang beracun dan tentunya tidak boleh dikonsumsi.

Kebuasan ikan barakuda terkadang tidak hanya terhadap sesama jenis ikan saja, bahkan jenis barakuda yang berukuran lebih besar cukup sering menyerang manusia yang sedang menyelam. Sehingga barakuda termasuk jenis ikan yang cukup berbahaya untuk didekati ketika sedang menyelam.

Di balik buasnya di dalam laut, nyatanya ikan laut yang bernama barakuda cukup terkenal di kalangan masyarakat untuk dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan. Hal tersebut tidak lepas dari manfaat barakuda tersebut yang mengandung banyak gizi vitamin dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, berikut ini adalah manfaat ikan barakuda untuk kesehatan, yaitu:

Baca Juga:

 

 

  • Membantu memperlancar proses metabolisme tubuh karena kandungan gizi yang cukup tinggi dalam barakuda bisa memenuhi kebutuhan tubuh manusia, sehingga memperlancar proses metabolisme. Oleh sebab itu, mengkonsumsi barakuda menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan.
  • Mengandung vitamin B2. Kekurangan vitamin B2 sangat berbahaya bagi tubuh terutama sistem saraf. Oleh karena itu, mengkonsumsi barakuda sangat berguna untuk menjaga sistem saraf agar berjalan dengan normal.
  • Membantu pembentukan hemoglobin, karena barakuda mengandung Pyrodixine yang berperan sebagai katalisator untuk mendorong pembentukan hemoglobin dalam darah.
  • Membantu mengatasi penyakit Anxiety Disorder atau gangguan psikis yaitu gangguan berupa kecemasan ysng dirasakan seseorang. Gangguan kecemasan tersebut bisa menyebabkan efek psikosomatis seperti nyeri di seluruh tubuh, sesak nafas, pusing, letih, gangguan penglihatan, hingga jantung berdebar-debar. Penyakit tentunya akan sangat mengganggu penderitanya ketika sedang melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi barakuda, penyakit saraf tersebut bisa diatasi.
  • Menyembuhkan radang kulit, karena kandungan zat yang ada dalam ikan barakuda dapat berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Peradangan kulit yang dialami manusia biasanya diakibatkan oleh infeksi dari bakteri, virus, atau alergi makanan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi barakuda adalah cara alternatif yang paking tepat untuk mengatasi peradangan tersebut dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang akan berdampak buruk ada tubuh jika terus dikonsumsi dalam jangka panjang.
  • Meningkatkan vitalitas pria. Warung makan yang menyediakan menu makanan berbahan dasar barakuda biasanya ramai dikunjungi masyarakat terutama kaum pria, karena barakuda dipercaya bisa meningkatkan vitalitas mereka. Padahal sebenarnya belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ikan yang satu ini, namun sebagian besar masyarakat tetap percaya bahwa barakuda berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas.
  • Mencegah penyakit jantung karena barakuda mengandung Omega 3 yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk mengatasi penyakit jantung. Selain untuk mengatasi penyakit jantung, kandungan omega 3 yang tinggi juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak, sehingga bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Itulah beberapa manfaat barakuda yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Meakipun tidak semua jenis  barakuda bisa dikonsumsi, namun sebagian besar barakuda yang dapat dikonsumsi sangat mudah Anda temui di pasar ikan. Harga jual ikan barakuda memang cukup mahal, namun sesuai dengan manfaat yang ditawarkan…

Leave a Reply