Cara Memelihara Ikan Badut yang Baik dan Benar

Apakah Anda sudah pernah melihat film ikan animasi yang berjudul “Nemo”? Ini merupakan salah satu ikan yang sudah sangat terkenal dan populer dikalangan masyarakat semua. Nama dari ikan di film Nemo tersebut itu sebenarnya adalah ikan badut. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki bentuk yang mungil dan warna ciri khasnya yaitu merah. Jika Anda merupakan salah satu pecinta ikan hias, pasti juga menyukai ikan nemo ini. Ikan hias ini merupakan salah satu ikan yang biasa hidup di lautan. Jika banyak penyelam yang berfoto di bawah laut pasti juga menjumpai ikan nemo ini. Untuk memelihara ikan nemo ini sebenarnya susah susah gampang. Karena ikan nemo hidupnya di lautan, maka akan mudah stres jika dirawat dan harus hidup di perairan biasa seperti di akuarium.

Sebelum untuk memutuskan memelihara ikan nemo, sebaiknya Anda harus mengetahui seluk beluk tentang yang sebenarnya dinamakan ikan badut ini. Mulai dari karakteristiknya Ikan nemo ini memiliki ukuran badan sekitar 7,5 sampai 10 cm saja. Untuk tempat tinggal Ikan ini, harus dengan suhu air yang optimum yaitu berkisar antara 24-27 derajat Celcius. Ikan nemo ini hanya bisa hidup lamanya 3 sampai 6 tahun saja, serta memiliki habitatnya sendiri yaitu kawasan perairan di Samudera Pasifik dan Hindia. Ikan mungil dan lucu yang dinamakan Ikan badut ini juga sudah berhasil dibudidayakan loh. Oleh karena itu, jika ada orang yang ingin memelihara di akuarium sebagai ikan hias juga sudah diperbolehkan. Ikan Nemo atau badut yang liar juga terkenal tidak mudah dan masih sulit dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya yang baru. Sehingga disarankan kepada para pecinta ikan yang berniat untuk memelihara ikan ini dari hasil penangkaran. Walaupun di lautan atau alam liar ikan Nemo bersimbiosis dengan anemon beracun, tetapi Anda tidak perlu menaruh anemon di dalam akuarium.

 

Cara Memelihara Ikan Badut yang Baik dan Benar

 

Ikan Badut

Ikan Badut

Jika menurut para ahli, para ikan badut memang memerlukan sebuah perawatan yang lebih daripada jenis-jenis ikan hias yang lainnya seperti ikan koki, dan yang lainnya. Karena ikan ini berasal dari perairan laut, maka ikan ini memang membutuhkan air asin yang hangat dan mirip dengan air laut. Namun tidak perlu khawatir lagi bagaimana cara merawatnya. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa faktor ketika berniat memelihara ikan Nemo ini. Beberapa faktor tersebut yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

Baca Juga:

 

  • Untuk ideal ukuran pada akuarium setidaknya harus memiliki ukuran 90cm x 30cm x 38 cm. Juga perlu diperhatikan untuk ikan ini yang berwarna marun dapat tumbuh menjadi 15 cm panjangnya. Sehingga untuk ukuran akuarium juga harus muat menampung ukuran tubuh ikan tersebut.
  • Selain membutuhkan ruang yang cukup, ikan hias ini membutuhkan kualitas air yang harus baik. Maka dari itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan akuarium dengan sering agar peliharaan Anda dapat bertahan lama lingkungannya.
  • Ikan badut adalah merupakan salah satu ikan memiliki jiwa sosial. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membeli dan memelihara ikan ini secara sepasang. Jika bisa belilah spesies ikan yang sama.
  • Ikan hias ini juga dikenal gampang mengalami stres. Usahakan agar ikan ini tetap nyaman, serta Anda juga harus selalu menjaga kebersihan akuarium, karena jika sudah stres dapat menyebabkan menyebabkan kematian pada ikan.
  • Akuarium juga memerlukan batu ataupun koral yang merupakan tempat ikan untuk bersembunyi dan bermain-main seperti di laut pada umumnya.
  • Ikan Nemo atau badut ini adalah ikan jenis omnivora. Anda bisa memberi mereka makanan hidup, serpihan makanan, atau makanan beku. Untuk makanan beku, jangan lupa dicairkan terlebih dahulu. Ikan hias ini juga bukan merupakan ikan yang rewel, jadi soal makanan tidak akan membuat pemiliknya repot. Anda hanya perlu memberinya makan dua atau tiga kali sehari. Jika sisa makanan ada di bawah akuarium maka itu pertanda jika Anda memberinya makan yang terlalu banyak.
  • Untuk jumlah di akuarium memerlukan 10 liter atau per 3 cm ukuran ikan. Jangan masukan ikan secara langsung, air di akuarium perlu didiamkan beberapa waktu terlebih dahulu.
  • Meskipun ikan nemo atau badut ini merupakan jenis Ocellaris yang bisa hidup dengan jenis ikan yang lainnya, maka disarankan untuk tidak memelihara ikan nemo dari spesies yang berbeda secara bersamaan. jangan pelihara mereka bersamaan dengan sesama ikan badut dari spesies lain.

Nah, itulah beberapa informasi tentang karakteristik ikan badut yang perlu Anda tahu. Sebelum berniat untuk memeliharanya, sebaiknya Anda memahami beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk memelihara ikan ini agar tetap bertahan di dalam akuarium. Untuk informasi tentang macam-macam ikan hias lainnya, Anda bisa membaca juga artikel ikan sepat….

Leave a Reply