Ikan Arapaima jenis Ikan Purba yang Bertahan Lama

Ikan Arapaima merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari perairan tropis Amerika Selatan. Ikan ini dikenal sebagai ikan purba air tawar terbesar di dunia. Ikan ini memiliki ukuran tubuh dengan panjang yang mencapai sekitar 3 meter dan beratnya mencapai 200 kg atau lebih. Pemilik nama Latin Arapaima gigas ini dipercaya tidak akan berevolusi dan tidak terancam punah, karena habitat perkembangbiakannya terjaga dengan lestari. Namun, pada akhirnya ikan ini mulai terancam punah.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengapa ikan Arapaima menjadi terancam punah, antara lain :

  • Ikan ini terus diburu oleh para kolektor ikan untuk dijadikan sebagai ikan peliharaan yang unik dan dapat bertahan lama.
  • Ikan-ikan ini banyak ditangkap untuk diekspor
  • Masyarakat lokal pun banyak yang ikut menangkapnya untuk dikonsumsi
  • Ikan ini mudah ditangkap karena ukuran tubuh yang besar menyebabkan ikan ini sewaktu-waktu muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen di udara.

Habitat asli dari ikan ini adalah di Sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan. Pemerintah Brazil telah melarang untuk menangkap ikan Arapaima karena jumlahnya yang terancam punah. Penangkapan ikan ini hanya diperbolehkan pada daerah terpencil saja dan untuk keperluan konsumsi penduduk setempat. Hal ini merupakan salah satu usaha agar tetap menjaga ikan tersebut tidak punah dengan begitu cepat.

Di Indonesia, ikan ini dipelihara di aquarium Museum Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah. Namun, ikan yang dipelihara di sana tidak sebesar ukuran ikan yang ada di habitat aslinya. Bisa juga di temukan di danau buatan Agrowisata Sidomuncul, Ungaran, Semarang.

Ikan Arapaima jenis Ikan Purba yang Bertahan Lama

 

Ikan Arapaima

Ikan Arapaima

 

Perilaku perkembangan dari ikan Arapaima akan bertelur saat kondisi air rendah atau mulai meningkat, ini bisa terjadi selama berbulan-bulan. Sarang untuk menempatkan telur dibuat oleh ikan tersebut dengan panjang 50 cm dan lebar 15 cm. Sarang ini biasanya dibuat di daerah berlumpur. Proses pemijahan hanya terjadi pada saat musim banjir saja, karena kondisi air meningkat. Saat kondisi banjir semua telur ikan hias Arapaima menetas semua. Ikan hias Arapaima jantan akan melindungi Arapaima muda di dalam mulutnya sampai ikan-ikan muda mampu mencari makanan sendiri. Sedangkan, untuk Arapaima betina akan melindungi ikan yang jantan dan anak-anaknya dengan mengelilingi mereka dan mengusir para predator.

Ikan hias air tawar, Arapaima ini merupakan salah satu ikan predator dengan memangsa jenis ikan yang berukuran lebih kecil darinya. Selain itu, beberapa hewan seperti katak, jangkrik yang ada di sekitar habitatnya bisa juga menjadi makanannya.

Baca Juga:

 

Ikan ini sangat disukai oleh para penggemar ikan eksotis. Tidak jarang ikan ini menjadi salah satu rekomendasi ikan hias air tawar untuk dipelihara karena keunikanya. Ikan ini dapat tumbuh dengan cepat, sehingga diperlukan adanya aquarium yang memungkinkan untuk memelihara ikan ini.

Agar dapat memelihara ikan Arapaima ini, perlu diperhatikan beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memelihara ikan ini, antara lain :

  1. Bibit Arapaima ini dapat diperoleh dari toko-toko ikan hias yang bisa Anda peroleh dengan mudah. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi karena hampir punah. Maka Anda perlu memikirkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli bibit dan memeliharanya. Jika Anda tidak bisa untuk memeliharanya, maka jangan mencoba untuk memeliharanya. Hal ini dilakukan agar tidak ada ikan yang mati dengan percuma, mengingat ikan ini sudah hampir punah.
  2. Habitat tempat hidup. Hal kedua yang perlu Anda pertimbangkan adalah membuat habitat tempat hidupnya seperti habitat aslinya. Untuk memelihara ikan Arapaima ini membutuhkan aquarium dengan ukuran yang cukup besar. Jangan menggunakan aquarium yang disesuaikan dengan ukuran tubuh saat sekarang. Hal ini dikarenakan ikan ini lebih cepat mengalami pertumbuhan hingga panjangnya mencapai 3 meter dan beratnya minimal 200 kg. Aquarium disediakan dengan ukuran yang besar agar ikan dapat lebih leluasa dan nyaman, boleh dihias maupun tidak. Namun, dirasa perlu untuk memberikan hiasan pada aquarium, agar terlihat seperti dalam pemandangan yang alami supaya ikan tidak merasa stres juga.
  3. Arapaima merupakan ikan karnivora, pemangsa ikan-ikan kecil yang lain. Ikan ini juga dapat memakan hewan lain yang tanpa sengaja masuk ke dalam habitatnya. Anda bisa memberikan makanan ikan yang kecil-kecil atau hewan lain seperti jangkrik. Lebih baik Anda berikan ikan kecil-kecil yang masih hidup.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan Arapaima ini maka beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya perlu diperhatikan. Agar Anda bisa memelihara ikan dengan baik dan bisa melestarikannya karena ikan ini hampir punah. Anda juga bisa tetap menjalankan hobi sebagai penggemar ikan hias dengan memelihara ikan yang unik ini…

Leave a Reply