Jenis Ikan Aligator Harga Dan Cara Merawatnya

Memelihara ikan hias mungkin sudah menjadi hal biasa. Ada banyak orang yang memiliki akuarium baik akuarium air tawar maupun air laut dengan berbagai ikan didalamya. Jika Anda ingin memelihara ikan hias juga, bagaimana dengan mencoba memelihara ikan hias yang berbeda? Anda ingin merasakan memelihara ikan hias yang berbeda? Ikan Aligator dapat menjadi pilihan ikan hias yang dapat Anda pelihara.

Dari namanya saja kita sudah dapat menduga jika ikan jenis ini memiliki kaitan dengan hewan jenis Aligator lainnya seperti buaya. Walaupun termasuk dalam jenis ikan, ikan jenis Aligator ini memiliki morfologi tubuh yang sedikit mirip dengan jenis Aligator. Bagian tubuh yang mirip dengan Aligator adalah pada bagian mulutnya. Mulut ikan ini memanjang ke depan layaknya jenis hewan Aligator seperti buaya lengkap dengan gigi-gigi yang tampak runcing dan berbahaya. Karena mulutnya yang menyerupai moncong buaya tersebut, ikan ini diberi nama ikan buaya atau Aligator.

Jenis Ikan Aligator Harga Dan Cara Merawatnya

Ikan Aligator

Ikan Aligator

 

Ikan Aligator juga dikenal sebagai salah satu ikan purba yang masih bertahan hingga kini. Ilmuan menduga, ikan jenis ini sudah ada sejak dari 100 juta tahun silam. Oleh karena hal tersebut, banyak orang yang juga menyebut ikan ini sebagai ikan primitif atau fosil yang hidup. Jika dipelihara dengan perawatan yang baik, ikan buaya ini dapat tumbuh menjadi sangat besar bahkan memiliki ukuran raksasa.

Namun, ukuran tersebut dipengaruhi oleh spesiesnya. Ada beberapa jenis spesies ikan buaya yang ada di dunia dengan karakteristik yang sedikit berbeda antar spesiesnya. Karena dapat tumbuh menjadi ikan yang besar, ikan in kerap disebut sebagai ikan hias terbesar dan juga menjadi jenis ikan predator yang terbesar pula. Seperti yang sudah dapat Anda prediksi, ikan ini merupakan ikan yang ganas. Penampilannya yang seram dengan ukuran tubuh yang dapat tumbuh besar menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pecintanya. Ikan ini bahkan menjadi salah satu ikan hias menarik yang banyak dicari orang.

 

Jenis ikan Aligator

 

Walaupun ikan ini memiliki karakteristik umum yang hampir sama, namun, ada beberapa jenis ikan Aligator dengan keunikannya sendiri. Ada beberapa jenis ikan tersebut yang dapat kita temukan di pasaran. Adapun jenis ikan buaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Shortnose Gar

Seperti namanya, ikan ini memiliki moncong yang pendek. Ikan Aligator jenis ini merupakan ikan yang dapat Anda temukan di perairan air tawar kawasan Amerika. Ikan jenis ini dapat tumbuh dengan panjang sampai dengan 1 meter. Ikan ini hidup dengan memakan ikan-ikan lain di sekitarnya. Ikan ini juga memakan serangga yang dapat ditangkapnya.

  1. Longnose Gar

Jika ikan jenis shortnose memiliki moncong yang pendek, ikan Aligator longnose tentunya mempunyai moncong yang panjang, lebih panjang dari jenis shortnose. Ikan ini juga dikenal dengan nama needlenose karena moncongnya yang lancip seperti jarum. Ikan jenis ini dahulu sempat menjadi salah satu hidangan favorit. Banyak pemancing yang menjadikan ikan ini sebagai ikan target. Ikan ini dapat bertahan hidup sangat lama dengan panjang luar biasa. Adapun ikan paling tua yang pernah ditemukan di alam bebas berumur 39 tahun. Panjang ikan ini dapat mencapai 1,5 m sedangkan berat badannya dapat mencapai 25 kg.

  1. Spotted Gar

Ikan jenis spotted gar sangat sulit ditemukan di alam bebas dan termasuk jenis ikan rare sehingga harganya tentunya lebih mahal. Seperti namanya, ikan ini memiliki bintik-bintik di badannya. Usia hidup rata-rata ikan jenis ini adalah 18 tahun jika mendapat perawatan yang baik. Biasanya ikan betina yang juga memiliki ukuran tubuh lebih besar dari jantan dapat hidup lebih lama.

  1. Florida Gar

Ikan jenis ini memiliki karakteristik mirip dengan ikan jenis spotted dengan corak menarik di badannya. Bintik pada ikan ini berwarna cokelat dengan gradasi yang indah. Pada bagian perut memiliki warna putih polos dengan gradasi kekuningan. Hal yang membedakan ikan ini dengan ikan jenis spotted adalah ikan jenis ini lebih mudah ditemukan di pasaran. Ikan ini juga dapat tumbuh menjadi besar dengan ukuran panjang rata-rata ikan dewasa adalah 1,3 m.

  1. Tropical gar

Ikan Aligator jenis tropical gar dapat ditemukan di kawasan Mexico. Moncongnya pendek dengan corak unik yang memukau. Ikan jenis ini dapat ditemukan liar dengan panjang ikan dewasa mencapai 1,2 m. Namun, jika dijadikan sebagai ikan peliharaan, ikan ini biasanya tidak tumbuh sampai ukuran tersebut.

Ikan Aligator merupakan salah satu jenis ikan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan ikan hias yang menawan. Anda akan mendapatkan sensasi memelihara ikan yang berbeda dibandingkan dengan memelihara ikan hias biasa. Hal ini tentunya dapat menjadi tantangan tersendiri dan menjadikannya lebih menarik untuk dilakukan.

Leave a Reply