Fakta Menarik Hiu Megalodon yang Jarang Diketahui

Anda tentu jarang mendengar mengenai hiu Megalodon. Ya, spesies hiu yang satu ini merupakan jenis hiu purba yang memiliki tubuh sangat besar, sehingga disebut sebagai hiu purba raksasa. Ikan ini hidup pada kisaran 1,2 juta tahun yang lalu. Ukuran tubuh hiu ini bahkan lebih besar dari paus bungkuk. Nama Megalodon sendiri berarti ‘gigi yang besar’. Spesies hiu yang memiliki nama latin Carcharodon Megalodon ini masih dipertanyakan keberadaannya. Karena meskipun hidup pada 1 juta tahun yang lalu, para ilmuwan mempercayai bahwa hiu ini masih ada hingga saat ini. Hiu ini disebut sebagai hiu raksasa karena bentuk tubuhnya yang lebih besar dari paus. Tubuh hiu ini bisa mencapai 15 hingga 20,3 meter dengan berat tubuh yang mencapai 100 ton.

Dengan tubuh yang lebih besar dari ikan paus hiu yang masuk kelas chondrichthyes ini menjadi predator kelas atas. Bahkan dalam sejarah disebutkan bahwa spesies hiu ini disebut sebagai rajanya lautan pada zaman purba dahulu. Hiu ini sering memangsa beberapa mamalia seperti paus, mulai dari jenis paus sperma, paus bungkuk, hingga paus balin. Selain itu, hiu raksasa Megalodon juga akan memburu beberapa hewan lainnya seperti dugong dan jenis-jenis paus yang kecil. Nah, berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai hiu Megalodon yang belum Anda ketahui.

 

Inilah Fakta Menarik Hiu Megalodon yang Jarang Diketahui

 

Hiu Megalodon

Hiu Megalodon

 

  • Hiu dengan Gigitan Super Mematikan

Hiu ini selain dikenal sebagai hiu raksasa yang memiliki ukuran tubuh hingga 70 kaki, hiu ini juga dikenal sebagai predator dengan gigitan yang super mematikan. Bagaimana tidak, hiu ini menjadi predator kelas atas. Dengan ukuran tubuh yang sangat besar, bahkan ukuran giginya sangat besar. Ukuran gigi hiu Megalodon yaitu sebesar tangan orang dewasa. Bahkan ukurannya bisa melebihi ukuran tangan orang dewasa. Dengan predikatnya sebagai hiu purba raksasa dan memiliki gigitan yang sangat mematikan, hiu ini banyak memangsa beberapa ikan yang memiliki tubuh besar seperti paus.

 

  • Hiu yang Cerdas

Selain dikenal sebagai hiu purba raksasa, hiu ini memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa, terutama dalam hal mencari mangsa. Dengan melihat kerabat dekat dari hiu Megalodon yaitu hiu putih yang terkenal mematikan ini memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Dalam mencari mangsa, Megalodon memiliki taktik tersendiri dan teknik khusus agar bisa melumpuhkan mangsanya tersebut. Dalam mencari mangsa, Megalodon sering kali memburu sirip mangsanya terlebih dahulu agar mangsanya tidak mudah melarikan diri. Ikan yang sudah tidak memiliki sirip akan lamban saat melarikan diri. Terlebih lagi, dengan adanya pendarahan yang cukup hebat mengakibatkan Megalodon akan mengejar sangat mudah. Sehingga Megalodon akan memakan mangsanya dengan sangat mudah.

Baca Juga:

 

  • Hiu yang Dapat Ditemukan di Mana Saja

Biasanya, ikan akan menempati suatu wilayah dengan teritori tertentu saja, termasuk predator-predator yang ditemukan saat ini. Namun, hal ini sangat berbeda dengan spesies hiu Megalodon yang satu ini. Megalodon tidak akan hanya mendiami satu teritori saja. Hiu ini akan mencari mangsanya hingga ke mana pun. Sehingga hiu ini dapat ditemukan dimana saja. Megalodon memang terkenal sebagai hiu yang senang berkelana, terlebih dalam mencari mangsanya. Sehingga dalam rantai makanan lautan di dunia ini, Megalodon menduduki predator paling atas.

 

  • Megalodon Sudah Punah

Sebagai predator kelas atas yang menduduki puncak rantai makanan, hiu Megalodon ternyata sudah punah sejak beberapa juta tahun yang lalu. Banyak peneliti yang belum bisa memastikan mengapa hiu ini bisa punah. Namun, salah satu penyebab yang bisa disimpulkan yaitu adanya perubahan iklim yang cukup ekstrem sehingga mempengaruhi kehidupan laut pada zaman dahulu. Dengan adanya perubahan iklim yang membuat permukaan laut menjadi sangat dingin sehingga tak sedikit mamalia menjadi punah perlahan-lahan. Terutama mamalia laut besar seperti paus. Dengan semakin sedikitnya populasi mamalia laut besar mengakibatkan hiu ini tidak memiliki pasokan makanan yang cukup sehingga hilang ditelan zaman.

 

  • Fosil Tersebar di Seantero Dunia

Dengan dikenal sebagai hiu yang suka travelling, fosil Megalodon banyak ditemukan dimana saja. Bahkan, fosilnya dapat ditemukan di seluruh dunia. Mulai dari Amerika Utara, Selatan, Afrika, Eropa, Kuba, Australia, hingga Jepang, bisa ditemukan di mana saja fosil hiu ini. Hal tersebut dikarenakan hiu ini akan berenang ke mana saja untuk mendapatkan makanannya. Hiu ini akan menuju ke perairan yang cukup hangat untuk bisa berkembang biak. Selain itu, dalam perkembangbiakannya, hiu ini akan melahirkan anak-anaknya pada perairan yang cukup dangkal.

Nah, itulah beberapa fakta-fakta menarik mengenai hiu Megalodon. Spesies hiu purba raksasa yang dikenal sebagai predator kelas atas di lautan dan juga predator terbesar sepanjang masa. Meskipun hiu ini sudah dianggap punah, namun, tak sedikit ilmuwan mencoba untuk membuat bibit hiu ini kembali…

Leave a Reply