Fakta-Fakta Ikan Lemuru yang Perlu Diketahui

Apakah Anda pernah mendengar ikan yang memiliki nama Lemuru? Mungkin beberapa dari Anda tidak tahu atau bahkan bertanya-tanya, itu jenis ikan apa? Anda tidak perlu malu karena Anda tidak mengetahui jenis ikan ini, karena hal ini wajar bagi Anda atau bahkan wajar juga bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan, Ikan Lemuru lebih dikenal dengan nama atau sebutan lain yaitu ikan Sarden, karena ikan ini merupakan jenis ikan laut dari gen Sardinella Lemuru (walaupun begitu, beberapa spesies ikan ini juga bisa ditemukan di air tawar). Sehingga, tidak heran jika banyak yang belum mengetahui nama asli dari ikan ini, karena kebanyakan dari Anda beranggapan bahwa ikan yang digunakan dalam makanan ikan kaleng tersebut menggunakan ikan pindang bukan ikan Sardinella Lemuru.

Ikan spesies yang memiliki beragam ukuran tubuh ini (biasanya memiliki panjang sekitar 2-75 cm), dan memiliki beberapa ciri morfologinya: 1) Memiliki bentuk tubuh yang bulat memanjang (ramping) dengan sisik duri yang tumpul dan menonjol di bagian perut. 2) Memiliki punggung berwarna biru kehijauan, dan perut bagian bawah berwarna putih keperakan. 3) Memiliki sirip berwarna abu-abu kekuningan. 4) Memiliki sirip ekor dan ujung moncong berwarna kehitaman. 5) Memiliki sebaris bulatan hitam sebanyak (10-20 bulatan) mulai dari bagian atas (penutup insang) hingga pangkal ekor. Mangsa utama ikan Lemuru adalah plankton.

Fakta-Fakta Ikan Lemuru yang Perlu Diketahui

Fakta Ikan Lemuru

Fakta Ikan Lemuru

 

Beberapa spesies ikan Lemuru ini bisa Anda temukan di kedua sisi Samudera Atlantik dan Laut Mediterania. Di Indonesia, Anda bisa menemukannya di daerah Selatan Jawa (Pantai Selatan Jawa Timur dan Bali). Ikan ini biasanya bergerombol hingga membentuk seperti pusaran atau puting beliung ikan. Ikan ini biasanya bertelur hingga 200.000 butir yang biasanya berada di dekat permukaan air.

Nah, ternyata ikan jenis Lemuru ini memiliki beberapa manfaat dan khasiat yang perlu diketahui. Hal ini dikarenakan ikan Lemuru memiliki beberapa kandungan di dalam tubuhnya yang penting dan berkhasiat, seperti: 1) EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) atau Omega 3, 2) DHA (Dokosa Heksaenoat Acid) yang cukup tinggi. 3) Kandungan vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Baca Juga:

 

Fakta selanjutnya adalah manfaat yang diberikan oleh ikan Lemuru ini bagi kesehatan, yaitu: 1) Sebagai penambah daya tahan tubuh, agar tubuh tidak mudah sakit (kebal terhadap serangan penyakit), sehingga untuk itu Anda bisa mengkonsumsi ikan ini sebagai lauk makan Anda. 2) Sebagai penambah vitamin, karena asupan vitamin juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan Anda, sehingga sangat baik bagi Anda untuk mengkonsumsi ikan ini. 3) Dapat menguatkan gigi, karena gigi ini merupakan organ yang penting untuk mengunyah dan merobek makanan, sehingga Anda pasti ingin memiliki struktur gigi yang kuat. Dengan mengkonsumsi ikan jenis Lemuru ini, dapat menguatkan gigi Anda, karena ikan ini mengandung Omega 3 dalam minyak Lemurunya. 4) Dapat mencegah penyakit jantung Koroner, karena ikan ini mengandung asam lemak Omega 3 yang dapat berfungsi sebagai pelindung jantung dalam pencegahan primer. 5)

Dapat melarutkan Kolesterol dalam tubuh, karena dengan mengkonsumsi ikan jenis Lemuru ini justru kadar Kolesterol dalam darah Anda akan turun dan pembuluh darah Anda akan kembali normal. 6) Terbebas dari penyakit penyakit darah tinggi, karena mengandung banyak Omega 3 sehingga sebagian besar dari Anda yang mengkonsumsi ikan ini akan terbebas dari penyakit darah tinggi. 7) Dapat menurunkan kadar Superoksida, 8) Dapat menurunkan kadar Trigliserida, 9) Mencegah penggumpalan darah, 10) Melenturkan pembuluh darah, 11) Dapat mencegah relaps pasca perawatan Ortodentik, 12) Memperkuat tulang, dan 13) Dapat menambah kecerdasan otak.

Ikan Lemuru ini juga bermanfaat sebagai bisnis. Seperti halnya, pengolahan ikan jenis lemuru ini menjadi makanan kaleng yang Anda kenal sebagai ikan sarden. Selain itu, minyak ikan ini juga bisa digunakan untuk industri bahan kosmetik dan juga penyamakan kulit. Terdapat fakta lain yang bisa ketahui dari ikan ini, seperti ikan jenis Lemuru ini banyak mengandung protein yang baik bagi ibu hamil untuk mengganti sel-sel yang rusak, dan dapat mencegah timbulnya Fibrilasi Atial (FA) yang merupakan suatu jenis gangguan pada irama jantung yang biasa terjadi di usia tua.

Sehingga, dari beberapa penjelasan singkat di atas, dapat Anda ketahui dan simpulkan bahwa berbagai macam manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh ikan Sardenella Lemuru ini yang baik untuk kehidupan Anda, baik kesehatan, bisnis, ataupun lainnya. Sehingga, jika Anda mendengar beberapa mitos terkait ikan Lemuru ini, Anda perlu mencari kembali tentang kebenaran yang dari, dan itu bisa Anda lihat dari beberapa fakta yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, Anda bisa lebih mengetahui dan mengenal ikan Sardenella Lemuru…

Leave a Reply