Contoh Jenis Ikan Langka Yang Masih Ada Saat ini

Mempunyai ruangan yang indah dapat membuat mood seseorang lebih baik. Anda dapat memperindah ruang tamu atau ruang pribadi Anda menggunakan ikan atau tanaman hias. Jika Anda menyukai ikan, Anda dapat menempatkannya dalam aquarium yang kecil ataupun besar disesuaikan dengan ruangan yang Anda miliki. Ikan hias dipelihara di air tawar atau di laut. Ikan hias mempunyai warna yang bervariasi, dan juga memiliki keindahan sirip yang berbeda-beda. Hal tersebut membuatnya terlihat sangat menarik. Ada juga jenis ikan langka yang dapat membuat ruangan Anda lebih menarik.

Jika biasanya ikan hias yang terdapat di rumah-rumah adalah ikan hias biasa, Anda dapat mencoba memelihara jenis ikan langka untuk mempercantik ruangan Anda. Terdapat beberapa ikan langka yang mempunyai penampilan unik, menarik dan bahkan ada juga ikan langka yang mempunyai penampilan yang menakutkan. Di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan yang langka seperti ikan pesut mahakam (Orcaella brevirostris), ikan raja laut/ Coelacanth, ikan matahari/ (Mola-mola/ Mola ramsayi), Hiu Sentani (Pritis macrodon), Arwana Asia/ Peyang (Scleropages formosus), Lopis/ Belida (Chitala lopis) dan Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus).

Jenis ikan langka mempunyai bentuk yang berbeda dari ikan pada umumnya. Disebut ikan langka juga karena keberadaannya mulai jarang. Ikan langka dapat dijual dengan harga mencapai puluhan juta rupiah. Harga ikan langka yang mencapai puluhan juta rupiah misalnya ikan napoleon. Ikan napoleon ini dapat ditemukan di perairan daerah tropis seperti di Kepulauan Riau. Ikan napoleon jantan mempunyai warna biru cerah sampai hijau, sedangkan ikan napoleon betina mempunyai warna merah oranye. Pada ikan napoleon jantan terdapat tonjolan di kepalanya. Kemudian terdapat guratan-guratan berwarna krem pada ikan napoleon. Populasi ikan tersebut mulai langka karena terjadi penangkapan ikan yang berlebihan secara terus menerus.

 

Contoh Jenis Ikan Langka Yang Masih Ada Saat ini

Contoh Jenis Ikan Langka Yang Masih Ada Saat ini

Contoh Jenis Ikan Langka Yang Masih Ada Saat ini

 

Berikut adalah beberapa jenis ikan langka yang ditemukan di perairan Indonesia.

  1. Ikan Raja Laut/ Coelacanth

Berdasarkan identifikasi fosil ikan coelacanth mempunyai seratus dua puluh spesies. Sebenarnya ikan coelacanth telah dinyatakan punah sejak enam puluh lima juta tahun yang lalu. Namun pada tahun 1938, ikan tersebut ditemukan hidup. Ikan tersebut ditemukan di Kepulauan Komoro. Kemudian, ikan tersebut juga diketahui tertangkap jaring nelayan di perairan Manado Tua, Sulawesi Utara. Masyarakat Sulawesi Utara sering menyebutnya dengan nama “ikan raja laut”. Ikan yang terdapat di daerah Sulawesi Utara tersebut merupakan salah satu jenis ikan langka yang masuk kategori ikan purba.

  1. Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris)

Ikan pesut mahakam menempati urutan tertinggi pada kategori ikan yang paling langka di Indonesia. Berdasarkan data tahun 2007, populasi pesut mahakam hanya tinggal lima puluh ekor saja. Sementara itu populasi ikan pesut di dunia hanya ada di tiga lokasi saja, yaitu berada di Sungai Mekong, Sungai Irawady dan Sungai Mahakam. Tetapi kabar buruknya populasi ikan pesut di Sungai Irrawady dan Sungai Mekong telah punah. Ikan pesut mempunyai bentuk hampir sama dengan lumba-lumba. Ikan pesut mempunyai bentuk moncong relatif datar. Ikan ini sering disebut lumba-lumba air tawar.

  1. Ikan Matahari/ (Mola-mola/ Mola Ramsayi)

Ikan matahari atau mola-mola atau mola ramsayi sering menjadi incaran fotographer, penyelam dan jug driver. Ikan mola-mola biasanya ada pada bulan juli sampai September. Ikan tersebut adalah ikan langka yang tinggal di laut tropis maupun sub tropis. Ikan matahari dewasa dapat mencapai berat satu sampai dua ton dan ukuran panjang satu meter. Ikan mola-mola berbeda dengan ikan yang lain karena hampir tidak mempunyai sirip pada ekornya. Ikan tersebut mempunyai clavus. Clavus tersebut berfungsi untuk menyambungkan sirip punggung dan sirip perut.

  1. Arwana Asia/ Peyang (Scleropages formosus)

Ikan arwana Asia termasuk kategori jenis ikan langka. Ikan tersebut berstatus terancam punah oleh IUCN pada tahun 2004. Ikan tersebut terus menurun karena karena rusaknya habitat dan juga karena perdagangan. Ikan arwana Asia umumnya mempunyai warna agak perak. Jenis ikan langka tersebut merupakan ikan asli di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan perbedaan warna, ikan arwana Asia memiliki empat varian, yaitu hijau, merah, emas dengan ekor merah dan warna emas. Ikan arwarna Asia berwarna hijau banyak ditemukan di Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Myanmar. Ikan arwana Asia berwarna merah banyak ditemukan di Indonesia. Sedangkan ikan arwarna Asia berwarna emas dengan ekor merah, hanya dapat ditemukan di Indonesia. Kemudian ikan arwana Asia berwarna emas dapat ditemukan di Malaysia.

  1. Lopis/ Belida (Chitalia lopis)

Ikan lopis sangat populer di Indonesia dengan nama ikan Belida. Ikan tersebut banyak menempati Sungai Belida di daerah Sumatera Selatan. Ikan belida dapat ditemukan di Jawa, Kalimantan, Sumatera dan semenanjung Malaya. Karena banyak sungai yang rusak, saat ini ikan belida mulai sulit ditemukan. Ikan belida adalah jenis ikan dari suku ikan punggung pisau (Notoppteridae). Benih ikan belida banyak dibudidayakan oleh Balai Budidaya Air Tawar Mandiangain, Kalimantan Selatan hingga tahun 2005.

Leave a Reply