Cara Membuat Umpan Ikan Patin Alami

Selain keindahan alam, Indonesia juga dianugerahi dengan kekayaan sumber dayanya. Salah satu kekayaan sumber daya Indonesia yang melimpah adalah kekayaan sumber daya air tawar. Air tawar Indonesia diketahui memiliki banyak jenis ikan air tawar yang produksinya mencapai ribuan ton setiap harinya. Produksi ikan air tawar ini merupakan hasil dari budi daya masyarakat, usaha budi daya ikan skala besar maupun kecil, dan juga budi daya ikan tawar oleh pemerintah. Budi daya ikan air tawar ini ada yang menjadi konsumsi dalam negeri dan juga konsumsi luar negeri atau diekspor.

Di dalam negeri, ikan ini diolah dengan cara divilet atau dijadikan ikan siap konsumsi. Tak aneh apabila kemudian, ikan air tawar menjadi salah satu komoditi utama dalam negeri. Bahkan, kuliner Indonesia banyak sekali yang menggunakan ikan air tawar sebagai bahan utama pembuatannya. Salah satu ikan air tawar yang populer sebagai bahan utama pembuatan masakan Indonesia adalah ikan patin. Tak aneh kemudian ikan ini menjadi incara para penggemarnya. Ikan patin ini ditangkap dengan cara dijaring maupun dipancing. Bagi penyuka hobi mancing, cara mendapatkan ikan ini yaitu dengan menggunakan umpan ikan patin.

Cara Membuat Umpan Ikan Patin Alami

Cara Membuat Umpan Ikan Patin Alami

Cara Membuat Umpan Ikan Patin Alami

 

Diantara Anda, siapa yang menyukai ikan patin? Ya, ikan patin memang menjadi salah satu ikan favorit banyak orang. Ikan ini sangat digemari karena rasanya yang super enak ketika dijadikan sebuah masakan. Ikan ini diolah menjadi berbagai macam masakan lezat, seperi patin goreng, patin bakar, patin bumbu saus tiram, dan lain-lain. Tak aneh apabila ikan ini menjadi incaran para penggemarnya di rsetoran-restoran yang menyajikan masakan dengan bahan utama ikan patin.

Bukan hanya populer ketika diolah, ikan patin juga populer di kalangan para pemancing. Pemancing berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan ikan ini ketika memancing. Oleh karena itu, para pemancing tertantang membuat umpan ikan patin yang sesuai agar ikan ini mau memakan umpan yang sudah diberi. Tapi, taukah Anda bagaimanakah ikan patin ini sesungguhnya?

Serba-Serbi Ikan Patin

Ikan patin merupakan ikan air tawar yang memiliki tubuh berwarna putih silver dengan bagian punggung memiliki warna biru kehitaman. Ikan patin memiliki tubuh yang memanjang dan berisi. Pada usia 6 bulan, ikan ini bisa memiliki panjang 30-40 cm. Ikan patin merupakan ikan dari genus Pangasius dan dari keluarga Pangasidae. Panjang ikan ini bisa mencapai 120 cm dalam ukuran paling besar yang pernah diketahui. Ikan ini memiliki kepala yang relatif kecil  dan memiliki kumis yang pendek.

Kumis ini memiliki fungsi untuk meraba sekitarnya. Siripnya memiliki gerigi yang lumayan tajam. Namun, ikan ini cenderung berbeda dari ikan air tawar lainnya, karena ikan ini tak memiliki sisik. Ikan ini adalah ikan nokturnal karena beraktivitas pada malam hari. Di alam bebas, ikan patin memiliki habitat di sungai yaitu dengan tinggal dalam liang-liang tanah di tepi sungai. Di alam bebas, ikan ini memakan segala sehingga termasuk dalam jenis ikan omnivora. Beberapa makanan ikan patin di alam bebas adalah biji-bijian, ikan-ikan kecil, cacing, udang kecil dan serangga. Bagi Anda para pemancing dan ingin menangkap ikan ini, Anda dapat menggunakan makanan ikan patin di alam bebas tersebut sebagai umpan ikan patin.

Baca Juga:

 

Mencari Umpan Ikan Patin

Bagi para pemancing, bisa memperoleh ikan ini ketika memancing di sungai merupakan salah satu keberuntungan. Hal ini karena ikan patin memiliki daging yang cukup tebal dan akan sangat lezat apabila dibuat masakan. Nah, bagi Anda para pemancing yang sedang ingin mencari ikan ini sebagai target mancing Anda, maka Anda harus membuat umpan ikan patin yang dapat menarik perhatian si ikan. Untuk membuat umpan ikan patin, Anda dapat menggunakan makanan-makanan ikan ini di alam bebas sebagai referensi umpannya. Bila Anda tak ingin repot membuat umpan buatan, maka Anda dapat memperoleh umpan ikan di alam bebas. Gunakan udang dengan ukuran yang kecil, cacing atau ikan-ikan kecil sebagai umpan. Jenis umpan tersebut akan sangat mudah Anda temukan di alam bebas, gratis dan jumlahnya dapat tak terbatas. Sebaiknya Anda gunakan umpan ikan patin yang alami. Mengapa? Berikut adalah beberapa kelebihan apabila Anda menggunakan umpan alami untuk menangkap ikan patin.

  1. Ikan ini memiliki indra perabaan yang cukup tajam, sehingga ikan ini akan lebih cepat merespon umpan alami karena terbiasa memangsa umpan alami ketika berada di alam bebas.
  2. Umpan alami lebih mudah dan murah meriah untuk Anda dapatkan.
  3. Ikan ini tak membutuhkan waktu penyesuaian lebih lama apabila Anda menggunakan umpan ikan patin alami untuk memancingnya.

Ikan patin memiliki banyak sekali manfaat, sehingga Anda tak akan rugi menjadikannya target ketika Anda memancing…

Leave a Reply