5 Cara Mancing Udang Galah yang Perlu Diperhatikan

Memancing menjadi salah satu kegiatan hobi yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Mancing merupakan kegiatan yang cukup sederhana tetapi membutuhkan sebuah cara dan teknik yang baik agar bisa mendapatkan sesuatu yang dipancing. Salah satu yang diburu untuk dipancing adalah udang galah. Sehingga perlu mengetahui cara mancing udang galah yang baik dan tepat.

Udang galah mempunyai nama ilmiah Macrobrachium rosenbergii dimana habitat aslinya adalah di perairan sungai besar. Udang galah merupakan udang asli perairan Indonesia. disebut galah karena udang ini memiliki dua buah kaki depan yang sangat panjang seperti galah. Warna kakinya itu biru dan kehijauan, tetapi juga ada yang berwarna kemerah-merahan. Udang ini memiliki proses hidup yang sangat unik dimana saat fase telur atau larva, udang ini memilih air payau sebagai habitatnya. Namun, setelah memasuki fase dewasa udang ini berpindah ke air tawar.

Banyak masyarakat yang menyukai udang galah ini. Tidak jarang orang-orang yang hidup di dekat sungai besar akan membiasakan diri dengan mengisi waktu luang untuk memancing. Cara mancing udang galah berbeda dengan memancing ikan pada umumnya. Saat memancing udang galah dibutuhkan kejelian dan keahlian yang sudah terlatih. Untuk dapat mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan teknik tersendiri untuk dapat memancing udang. Teknik tersebut meliputi pakan, peralatan pancing, dan cara memancingnya.

Ada beberapa langkah untuk dapat memancing udang galah dengan baik dan tepat. Hal-hal ini perlu diperhatikan dan dapat dilakukan dalam kehidupan Anda khususnya untuk memancing udang galah. Berikut cara mancing udang galah secara praktis agar dapat memperoleh hasil tangkapan yang banyak.

 

5 Cara Mancing Udang Galah yang Perlu Diperhatikan

Cara Mancing Udang Galah

Cara Mancing Udang Galah

Baca Juga:

 

  1. Mempersiapkan peralatan memancing

Sebelum melakukan apapun Anda perlu menyiapkan peralatannya. Peralatan memancing udang galah membutuhkan joran dengan bagian pangkal yang lentur agar dapat menarik udang galah. Panjang joran mencapai 70 cm dan sebaiknya tidak menyiapkan hanya satu joran saja. Kail yang digunakan adalah yang tanpa pengait, sedangkan kenurnya pilihlah yang ukuran kecil berkisar antara 0,15-0,20. Timah pemberat pilih yang berukuran kecil yang tidak mudah terseret arus. Joran yang dipasang untuk memancing sebaiknya tidak hanya satu. Cobalah memasang joran lebih banyak, agar udang yang diperoleh banyak.

  1. Mempersiapkan umpan

Umpan untuk udang galah paling baik menggunakan umpan yang masih hidup. Hal ini akan menjadi cara mancing udang galah yang cukup jitu karena udang galah lebih reaktif dengan umpan yang masih bergerak berenang kesana kemari. Ada beberapa pilihan untuk umpan udang galah yaitu udang kecil yang masih hidup, ikan-ikan kecil, cacing merah, dan cacing bakau. Untuk memancing udang agar mau memakan umpan Anda maka Anda perlu menaburi kelapa bakar, parutan kelapa, atau parutan ubi.

  1. Lokasi tempat mancing udang

Salah satu cara mancing udang galah yang perlu diperhatikan, Anda harus bisa memilih tempat yang tepat untuk memancing. Agar memperoleh hasil maksimal dan memperoleh banyak tangkapan maka Anda perlu memilih tempat memancing dimana sungai dengan arus yang tidak begitu deras. Hal ini disebabkan karena udang galah tidak bisa bertahan hidup di air yang terlalu deras. Usahakan mencari tempat persembunyiannya di sungai seperti adanya kayu, ranting pohon, atau pohon yang melengkung hingga sungai. Udang galah juga lebih suka berada di dasar sungai. Di sungai tempat Anda akan memancing hendaknya diperhatikan juga kondisi pasang surutnya air.

  1. Waktu terbaik untuk memancing

Waktu tepat untuk memancing udang galah adalah saat musim kemarau dan air sungai surut. Udang galah akan lebih agresif pada malam hari. Tidak disarankan memancing udang galah saat kondisi sungai banjir, arus deras, karena semua itu dirasa percuma karena udang galah tidak dapat bertahan hidup dalam lingkungan yang terlalu deras.

  1. Mengetahui cara udang galah memakan umpan.

Mengetahui caranya udang memakan umpan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam cara mancing udang galah yang baik. Anda juga bisa memprediksi ukuran udang galah melalui cara makan umpan. Adapun ciri khas udang galah makan umpan yaitu :

  • Udang galah yang berukuran berat lebih dari 300 gram makan umpan akan dibawa terus dan membuat ujung joran menjadi melengkung ke bawah.
  • Udang yang berukuran sedang, saat memakan umpan, joran akan ditarik dan ujung joran akan terangguk-angguk.
  • Udang yang berukuran kecil memiliki kebiasaan sama dengan udang yang berukuran sedang. Oleh karena itu, perlu dikontrol setiap kali agar joran bisa terkontrol apakah umpan sedang dimakan atau tidak.

Nah, itulah beberapa cara mancing udang galah agar dapat menangkap udang galah lebih banyak. Bagi Anda yang suka memancing, perlu mencoba memancing udang galah, karena memancing udang galah dibutuhkan kesabaran yang tidak sama seperti memancing ikan….

Leave a Reply