Cara Mancing Udang Galah dengan Mudah

Cara Mancing Udang Galah dengan Mudah – Macrobrachium rosenbergii atau sering disebut sebagai udang galah merupakan salah satu spesies udang yang hidup di air tawar. Biasa ditemukan di sungai besar terutama di perairan Indonesia, karena udang ini merupakan salah satu udang asli Indonesia. Cara mancing udang galah dibutuhkan persiapan tersendiri agar bisa mendapatkan hasil tangkapan yang maskimal.

Udang galah memiliki dua kaki depan yang sangat panjang seperti galah sehingga disebut udang galah. Warna kaki bisa dikenali dengan warna biru dan kehijauan, ada pula yang berwarna kemerahan. Proses hidup udang ini sangat unik, saat fase telur atau larva udang berhabitat air payau, sedangkan saat sudah dewasa udang ini berpindah ke air tawar. Udang ini banyak disukai oleh masyarakat. Banyak yang memancing udang galah untuk keperluan konsumsi. Ada pula yang membudidayakan udang galah, karena udang ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Daging dari udang galah memiliki rasa gurih manis sehingga diminati oleh banyak orang.

Cara mancing udang galah ini diperlukan persiapan tersendiri. Udang yang bisa ditemukan di sungai perairan Indonesia, memudahkan untuk memancing udang galah. Namun, persiapan harus tetap ada agar menghasilkan tangkapan yang maksimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memancing udang galah yaitu :

Cara Mancing Udang Galah dengan Mudah

Cara Mancing Udang Galah dengan Mudah

Cara Mancing Udang Galah dengan Mudah

Baca Juga:

 

  1. Persiapan peralatan memancing

Cara mancing udang galah yang pertama harus menyiapkan joran yang memiliki ujung lentur dengan ring kecil. Panjang joran sebaiknya mencapai 70 cm. Senar pancingnya berjenis monofilament kelas 1 lbs hingga 2 lbs, dan leader kelas 2 lbs sampai 8 lbs. Mata pancing yang dipakai khusus kail untuk memancing udang yang dinamakan circle hook nomor 9-12. Pilih timah pemberat yang dilengkapi dengan stopper. Pilih timah yang tidak terlalu berat, karena sebenarnya timah pemberat ini diutamakan untuk agar umpan tidak terseret arus.

  1. Sedia umpan yang cocok

Cara mancing udang galah yang baik memerlukan umpan yang masih hidup. Udang galah sangat menyukai umpan yang alami bahkan masih hidup. Untuk memancing biasanya digunakan umpan cacing susu, cacing tanah, dan cacing bakau atau bisa juga menggunakan anakan udang. Sedangkan umpan jitu yang lainnya adalah perlu menggunakan remukan kelapa bakar.

  1. Tentukan lokasi yang tepat

Lokasi yang tepat untuk memancing udang galah yaitu memilih sungai yang arusnya tidak begitu deras. Hal ini dikarenakan udang galah tidak bisa hidup di air yang memiliki arus deras. Pilihlah sungai yang surut airnya. Udang ini juga menyukai kayu-kayu yang terendam di sungai. Udang galah juga senang berada di dasar sungai. Perlu bagi Anda untuk memahami bentuk dasar sungai untuk memancing. Pilih sungai dengan struktur berliku, dan carilah dasar sungai yang terdapat cekungan. Di cekungan tersebut biasanya udang galah sering menetap. Hal ini perlu diperhatikan untuk bisa memancing udang dengan baik dan benar.

  1. Waktu terbaik

Cara mancing udang galah yang baik perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk memancing. Waktu terbaik untuk memancing udang galah adalah saat musim kemarau, karena sungai mulai surut. Aktifitas udang galah lebih sering di malam hari.

  1. Pahami cara udang galah makan

Cara udang galah makan perlu Anda ketahui untuk pengetahuan dan bisa Anda gunakan saat memancing.

  • Udang galah yang berukuran 300 gram makan umpan akan selalu di dasar sungai, sehingga membuat joran Anda melengkung ke bawah.
  • Udang untuk ukuran sedang, memakan umpan dengan menariknya. Sehingga ujung joran akan terangguk-angguk.
  • Udang yang berukuran kecil sama seperti yang dilakukan udang berukuran sedang. Sehingga joran yang digunakan untuk memancing perlu dikontrol setiap kali agar tetap terjaga umpan sedang dimakan atau tidak.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada cara mancing udang galah dengan mudah. Saat udang galah berhasil ditangkap, jangan coba-coba menyentuh ekor udang. Udang ini memiliki sungut yang tajam, dan pada bagian kepala udang terdapat tanduk dengan gerigi yang tajam yang mampu melukai kulit. Sedangkan capitnya tidak terlalu tajam tetapi jangan mencoba menyentuh bagian ujung capitnya karena bagian ini cukup tajam.

Memancing udang galah membutuhkan teknik yang tepat agar bisa diperoleh hasil tangkapan yang memuaskan. Teknik memancingnya berbeda dengan cara memancing ikan pada umumnya. Beberapa hal yang telah disebutkan bisa diikuti sebagai cara memancing yang baik. Anda juga bisa menggunakan beberapa joran untuk memancingnya. Pemasangan joran juga harus tepat pada tempat-tempat yang diduga terdapat komunitas udang galah. Cara mancing udang galah¬†dengan mudah tidak memerlukan teknik yang terlatih. Hanya dibutuhkan pemahaman soal udang galah untuk bisa memancingnya dengan baik. Anda bisa juga membudidayakan udang galah ini karena memiliki nilai ekonomis dan sangat digemari oleh masyarakat. Sehingga orang-orang tidak perlu lagi memancing sendiri karena bisa membeli olahan udang dengan mudah….

Leave a Reply