Resep Umpan Rahasia dan Cara Mancing Ikan Mas yang Jitu

Anda pasti tahu ikan mas, bukan? Ikan dengan nama latin Cyprinus Carpio ini merupakan ikan yang banyak digemari masyarakat. Selain kelezatan dagingnya yang boleh diadu, kandungan proteinnya pun cukup tinggi. Ikan mas hidup di air tawar yang bernilai ekonomis, karenanya banyak dipelihara dan dibudidayakan. Namun, cara mancing ikan mas memang terkenal sulit dan memerlukan umpan yang tepat jika mengincar ikan yang banyak.

Bagi pemancing pemula, tidak jarang memancing berjam-jam, namun ikan mas yang didapat hanya sedikit dan tidak mencapai target. Sebetulnya dibutuhkan teknik cara mancing ikan mas yang tepat guna memaksimalkan hasil tangkapan. Sebab, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, memancing ikan mas memang gampang-gampang susah. Kadang sudah menggunakan teknik dan umpan yang benar pun belum tentu dapat. Hal ini karena makanan alami ikan mas yang berupa jasad-jasad renik yang membuatnya begitu mudah melihat senar pancing.

Jika Anda bingung bagaimana mendapatkan hasil tangkapan agar sesuai target, berikut kami berikan tips dan trik cara mancing ikan mas yang ampuh dan jarang diketahui oleh banyak orang:

 

Resep Umpan Rahasia dan Cara Mancing Ikan Mas yang Jitu

Cara Mancing Ikan Mas

Cara Mancing Ikan Mas

 

  1. Persiapkan alat yang lengkap

Memancing ikan mas bukan hanya soal umpan yang jitu dan banyak, namun juga harus menggunakan alat yang tidak sembarangan. Alat yang digunakan juga harus jitu, seperti:

  • Perhatikan joran yang Anda gunakan. Untuk memancing ikan mas, baiknya gunakan joran yang ujungnya lembut atau Anda bisa menggunakan joran stik, bukan joran yang menggunakan katrol.
  • Gunakanlah senar yang kecil, paling halus dan juga tentunya kuat. Hal ini guna mengelabui ikan mas yang memakan umpan pancing Anda. Untuk membuat senar Anda terlihat lebih kecil dan halus Anda bisa juga menggunakan teknik perendaman dengan air panas sebelum digunakan untuk memancing.
  • Gunakanlah mata kail (hook) nomor 6 yang kecil
  • Perhatikan pelampung pancing Anda, agar saat ikan mengenai umpan, ikan tidak lari kesana-kemari. Gunakanlah pelampung yang tidak terlalu besar, namun kuat.
  1. Teknik lempar senar

Cara mancing ikan mas yang benar, jika lemparan senar dan umpan tepat sasaran. Tepat sasaran maksudnya adalah Anda harus perhatikan situasi dan kondisi dimana biasanya banyak berkumpul ikan mas, bagian tengah, ujung, atau pinggir kolam. Selanjutnya, baru lemparkan senar ke tempat sasaran. Senar dan kail harus berada jauh ke dalam air dengan pelampung yang mengapung, namun sedikit terendam air agar tidak membentuk bayangan. Kemudian, saat strike jangan khawatir senar pancing akan putus, sebab asal tidak menyentuh senar pancing biasanya akan baik-baik saja. Saat ikan telah terlihat lelah memberontak, dekatkanlah ikan ke pinggir kolam, angkat menggunakan serokan.

Baca Juga:

 

 

  1. Sabar

Ini memang bukan merupakan cara mancing ikan mas secara teknis, namun ini harus dimiliki mental para pemancing ikan mas. Para pemancing pasti paham, tentunya kesabaran dan doa yang diperlukan setelah melakukan berbagai usaha selama pemancingan. Jika sudah terdapat getaran atau tarikan yang cukup berat dari joran, Anda harus cekatan dengan suasana yang tetap tenang. Kerahkan tenaga Anda dan fokuskan pada kail, segera ulur dan tarik dengan cepat ke atas secara tenang dan hati-hati agar ikan tidak mudah lepas lagi.

Selain ketiga tips dan trik cara mancing ikan mas di atas, terdapat satu hal yang tidak kalah penting dari pemancingan ikan mas, yaitu umpan. Gunakanlah umpan yang tepat, jitu, dan ampuh untuk mendapatkan hasil tangkapan sesuai target dan banyak. Permasalahannya adalah tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat umpan jitu untuk ikan mas, karenanya kami akan menjelaskan kepada Anda.

Sebenarnya meracik umpan ikan mas sangat mudah, hanya dengan memanfaatkan benda atau bahan yang ada di sekitar. Bahan yang digunakan untuk umpan ikan mas harus dipastikan terlebih dahulu menggunakan bahan-bahan yang tidak merusak ekosistem ikan, seperti bahan kimia atau bahan berbahaya lainnya. Bahan alami yang biasa digunakan sebagai umpan ikan mas adalah telur bebek, kroto, potongan keju, dan susu bubuk. Berikut adalah salah satu resep umpan ikan mas yang jitu, namun jarang diketahui orang:

  • Bahan:

1 bungkus dancow

1 bungkus santan kara kecil

1 ons kroto

4 butir telur, ambil putihnya saja

3 lbr daun pandan

  • Cara membuat:
  • Campur semua bahan, kecuali sarden
  • Aduk bahan merata
  • Kukuslah selama ±15 menit
  • Setelah dingin campurkan sarden, aduk merata

Demikian, tips dan trik cara mancing ikan mas yang jitu. Memancing ikan memang kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, yang perlu diingat adalah jangan sampai dengan hobi ini Anda jadi mencemari lingkungan. Gunakanlah pakan yang aman, demi membantu pelestarian perkembangbiakan ikan, sehingga keberadaannya akan tetap terjaga….

Leave a Reply