Beberapa Tips dan Cara Mancing Ikan Mas

Sekarang ini banyak sekali orang yang hobi dengan memancing, baik itu di kolam maupun di laut. Kegiatan memancing ini dapat membuat orang bahagia terlebih setelah mendapatkan ikan yang begitu besar. Pada dasarnya memancing adalah kegiatan menunggu, orang-orang yang sedang memancing dapat menunggu sangat lama hanya untuk ikannya memakan umpan. Terlebih ikan mas, ada banyak cara mancing ikan mas agar mudah dalam mendapatkan hasil tangkapan. Memancing ini tidak hanya sekali coba dan langsung berhasil, kebanyakan orang baru akan mendapatkan ikan setelah beberapa kali mencoba tergantung keberuntungan ikan tersebut dapat memakannya. Tidak sedikit juga orang yang memancing mengeluh tidak mendapatkan ikan satupun meskipun semua umpan ikan telah habis karena ikan yang sudah memakan umpan tetapi tidak menarik umpan. Dalam hal memancing ini tentunya ada beberapa cara agar dapat mendapatkan tangkapan ikan yang cukup besar tanpa menunggu terlalu lama. Berikut merupakan beberapa cara memancing ikan.

Beberapa Tips dan Cara Mancing Ikan Mas

 Cara Mancing Ikan Mas jitu

Cara Mancing Ikan Mas jitu

 

  1. Menyediakan peralatan lengkap

Untuk memancing sebenarnya cukup dengan peralatan mancing sederhana seperti senar, kail, pelampung dan tidak lupa juga umpannya. Umpan ikan terkadang sama terkadang juga berbeda tergantung jenis ikannya. Kebanyakan orang menggunakan umpan seperti cacing atau makanan lainnya yang dapat membuat ikan tertarik.

  1. Penggunaan senar

Penggunaan senar merupakan salah satu cara mancing ikan mas yang penting. Senar yang digunakan dalam memancing harus kuat agar dapat menarik ikan yang terkena upan dengan cepat dan tidak lepas. Oleh karena itu penggunaan senar untuk alat pancing ini harus semaksimal mungkin seperti halus, kecil, dan juga kuat.

  1. Pelemparan umpan

Line yang sudah menggunakan senar dan juga telah ditambahkan dengan umpan harus dilempar cukup jauh kedalam air dan tidak membentuk bayangan dan benar-benar tenggelam. Sebab apabila membentuk bayangan jarang ikan yang memakan umpan atau ikan sama sekali tidak tertarik dengan umpan tersebut.

  1. Line yang bagus

Penggunaan ini bertujuan untuk mempermudah pemancing dalam memegang pancingan dan juga meningkatkan kepekaan jika umpan telah termakan oleh ikan. Dengan line yang bagus juga dapat menghindari dari terbentuknya bayangan. Ikan mas memang sedikit agak susah bila ditangkap, sehingga dengan cara mancing ikan mas ini dapat sedikit mempermudah. Oleh sebab itu lebih baik tidak adanya bayangan saat memancing. Tidak lupa line yang bagus juga harus dilengkapi dengan reel dan joran yang cukup agar dapat menghasilkan tangkapan ikan yang sesuai.

  1. Tarik pancingan dengan tepat

Cara mancing ikan mas memang sering tertipu oleh ikan mas yang terkadang hanya menyambar umpan saja dan tidak memakannya. Sehingga sebagai seorang pemancing lebih sering tertipu dengan gerakan yang dihasilkan senar. Oleh sebab itu, pemancing juga harus sangat peka agar mengetahui mana getaran yang memang benar merupakan ikan mas yang memakan umpan ataupun mana getaran ikan mas yang hanya menyambar umpan saja.

  1. Ketuk Joran Pancing

Ketika ikan hanya menyambar atau bermain-main saja pada umpan, maka lebih baik mencoba untuk mengetok joran pada pancingan. Sebab hal ini akan membuat kali umpan masuk ke mulut ikan tanpa disengaja. Dengan begitu ikan akan mencoba melepaskannya dengan menariknya kesana kemari, dan karena hal itu maka akan terasa getaran pada line. Ketika hal ini terjadi maka itu adalah waktu yang tepat untuk menarik pancingan agar ikan dapat tertangkap.

  1. Spot yang tenang

Spot merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam cara mancing ikan mas. Sebab dengan spot yang benar ikan dapat tertangkap dengan mudah. Semua orang baik pemula maupun profesional saja terkadang masih mencari titik spot mana yang dianggap sebagai spot yang paling dapat menghasilkan ikan. Salah satunya adalah spot dengan kedalaman paling dalam dan juga adanya aliran air.

Baca Juga:

Nah, itulah beberapa cara mancing ikan mas yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tangkapan ikan mas yang besar. Ada juga orang yang apabila akan memancing ikan mas harus di waktu yang tepat, biasanya orang jelas akan mencoba memancing di siang hari. Sebab di siang hari ikan mas akan lebih cepat dan lebih banyak tertangkap dibandingkan pagi hari ataupun malam hari.

Ikan mas sendiri merupakan ikan yang sangat banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Ikan mas sendiri mempunyai banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ikan mas banyak mengandung protein dan juga dapat mendukung gizi mulai dari anak-anak, dewasa, hingga sampai lansia. Tidak heran jika banyak orang yang mencari cara mancing ikan mas agar kelak ketika mencoba memancing tidak akan terlalu susah dan juga salah dalam teknik memancingnya. Oleh sebab itu jika ingin mencoba untuk memancing ikan mas lebih baik mencari terlebih dahulu bagaimana tips dan cara terbaik dalam memancingnya agar nanti akan mendapatkan hasil ikan mas yang cukup memuaskan…

Leave a Reply