Cara Mancing Ikan Gabus yang Baik dan Benar

Ikan gabus, siapa belum mengenalinya? Anda tentu juga sudah pernah tahu bahkan kenal dekat dengan ikan ini. Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang dapat dipancing sama seperti ikan air tawar yang lainnya. Cara mancing ikan gabus juga perlu dilakukan dengan sabar. Ha ini dikarenakan ikan gabus merupakan ikan air tawar jenis predator yang habitatnya ada di sungai, danau, rawa-rawa, parit, dan kanal. Nama lain dari ikan ini cukup beragam seperti di Makassar dikenal dengan nama ikan kabos, ikan kutuk di Jawa Tengah, dan lainnya. Sedangkan di dunia internasional, ikan gabus dikenal dengan sebutan snakehead murrel, snakehead common, snakehead striped, dan snakehead chevron.

Ikan gabus mampu mencapai panjang hingga 1 meter, kapala besar, gepeng, warna hitam kecoklatan dan hampir mirip seperti ular. Ikan ini sangat sulit dibedakan saat berada di air yang keruh. Pemilik nama ilmiah Chana striata ini merupakan ikan yang memiliki daya tahan kuat untuk berthan hidup dalam lingkungan yang minim oksigen dan berlumpur. Ikan ini termasuk pada jenis predator air tawar. Makanan utama ikan ini adalah ikan-ikan kecil baik sesama jenisnya mupun ikan jenis lain, serangga, dan berbagai makanan alami lainnya. Saat dipancing ikan yang kuat ini tergolong mudah untuk dipancing, tetapi untuk memancingnya dibutuhkan teknik kecepatan dan kekuatan agar dapat mengikuti pergerakan ikan gabus yang cepat ini. Umpan akan cepat disambar bahkan bersama dengan mata kailnya. Sehingga memancing ikan gabus ini sangat memacu adrenalin dan memerlukan cara mancing ikan gabus yang baik.

 

Cara Mancing Ikan Gabus yang Baik dan Benar

Cara Mancing Ikan Gabus

Cara Mancing Ikan Gabus

 

Rasa ikan gabus ini sangat enak dan gurih. Ikan ini dapat dijadikan sebagai obat untuk penyembuhan berbagai penyakit, seperti masalah luka dan bekas luka setelah operasi, luka dalam, koreng, dan lainnya. Sehingga ikan ini masih banyak dipancing untuk keperluan konsumsi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk cara mancing ikan gabus yang baik dan benar. Agar bisa mendapatkan ikan gabus yang Anda cari. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk bisa memenangkan perlawanan dengan ikan gabus.

  1. Menyiapkan peralatan pancing yang kokoh.

Hal ini menjadi hal yang paling utama perlu diperhatikan dalam memancing ikan gabus. Perlu peralatan pancing yang kokoh agar tidak terjadi kecelakaan seperti jonar atau kenurnya putus saat adu strike dengan ikan gabus. Anda akan kehilangan ikan gabus jika kondisi itu harus terjadi. Sehingga perlu peralatan khusus yang kokoh untuk bisa memancing ikan ini dengan baik.

 

  1. Menyiapkan umpan

Umpan merupakan bagian yang penting dalam hal memancing. Cara mancing ikan gabus yang baik adalah dengan menggunakan umpan yang masih segar. Adapun umpan yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan gabus, yaitu :

  • Katak, ekor katak dikaitkan pada mata kail dan usahakan katak tersebut masih dalam keadaan hidup.
  • Cacing tanah, cacing ini memiliki bau amis yang menyengat. Sehingga ikan gabus akan mudah tertarik untuk memakannya. Selain itu, cacing ini pun mudah untuk didapatkan.
  • Belalang, mata kail dikaitkan pada ekornya hingga badannya. Supaya belalang bisa tetap hidup.
  • Jangkrik, mata kail dikaitkan pada ekornya.
  • Ikan kecil jenis wader. Cara memasangnya dengan mengaitkan bagian ekor ikan atau punggung ikan. Agar ikan ini dapat tetap hidup sehingga mampu menarik perhatian ikan gabus.

Baca Juga:

 

  1. Kenali ikan gabus dengan baik

Cara mancing ikan gabus yang baik adalah dengan mengenali sifat dari ikan tersebut. Saat akan memancing ikan gabus perlu, Anda tidak boleh menampakkan diri secara langsung. Tidak boleh membuat gadung di lingkungan sekitar ikan gabus. Hal ini dikarenakan ikan gabus sangat sensitif dengan gerak-gerik manusia. Ikan gabus akan merasa terancam dan menjauh dari Anda, jika ikan tersebut sudah mengetahui gerak-gerik manusia.

Ikan gabus lebih banyak di kanal-kanal air tawar, ada juga yang di parit-parit dan rawa yang banyak lumut maupun eceng gondoknya. Jika Anda mendapati ada anak dari ikan gabus maka dimungkinkan di situ ada induknya dan bisa dipastikan tempat itu menjadi sarang untuk ikan gabus.

  1. Waktu jam mancing ikan gabus yang baik

Ikan gabus cocok untuk dipancing pada waktu malam hari, karena ikan gabus mencari makan pada waktu tersebut. Ada pula yang memancing ikan gabus pada pkul 3 hingga 6 sore. Waktu-waktu tersebut merupakan waktu mancing sebagai cara mancing ikan gabus yang terbaik.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada cara mancing ikan gabus yang baik. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengikuti langkah di atas. Memancing ikan gabus tetap dibutuhkan kesabaran dan teknik memancing berupa kecepatan serta peralatan pancing yang kuat dan kokoh untuk bisa mendapatkannya…

Leave a Reply