4 Cara Mancing Ikan Gabus yang Baik Dan Benar

Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar. Banyak orang yang memancing ikan ini karena ikan ini dapat dikonsumsi sama seperti ikan air tawar yang lainnya. Cara mancing ikan gabus dibutuhkan sebuah kesabaran. Hal ini dikarenakan ikan gabus menjadi ikan air tawar jenis predator, sehingga memiliki kekuatan dalam memangsa umpan. Tidak jarang saat memancing ikan ini harus beradu kekuatan untuk memenangkannya. Habitat dari ikan gabus yaitu di sungai, danau, rawa-rawa, parit, dan kanal. Chana striata atau yang sering dikenal sebagai ikan gabus juga memiliki nama lain yang cukup beragam seperti di Makassar dikenal dengan nama ikan kabos, ikan kutuk di Jawa Tengah, dan lainnya. Sedangkan di dunia internasional, ikan gabus dikenal dengan sebutan snakehead murrel, snakehead common, snakehead striped, dan snakehead chevron.

Pertumbuhan ikan gabus mampu mencapai panjang hingga 1 meter, dengan kapala besar, gepeng, warnanya hitam kecoklatan dan hampir mirip seperti ular. Saat berada di air keruh, ikan ini sangat sulit ditemukan. Ikan jenis predator ini merupakan ikan dengan daya tahan tubuh kuat sehingga bisa untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang memiliki pasokan minim oksigen serta kondisi lingkungan yang berlumpur. Jenis ikan predator air tawar ini makanan utamanya adalah ikan-ikan kecil baik sesama jenisnya maupun ikan jenis lain, serangga, dan berbagai makanan alami lainnya. Untuk bisa memancing ikan ini dibutuhkan teknik kecepatan dan kekuatan agar dapat mengikuti pergerakan ikan gabus yang cepat. Terkenal dengan ikan yang kuat maka umpan akan cepat disambar. Sehingga memancing ikan gabus ini sangat memacu adrenalin dan memerlukan cara mancing ikan gabus yang baik.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Cara Mancing Ikan Gabus yang Baik

Cara Mancing Ikan Gabus JITU

Cara Mancing Ikan Gabus JITU

 

Ikan gabus dipancing karena memenuhi kebutuhan konsumsi. Rasa dagingnya yang sangat enak, gurih, dan kaya protein membuat ikan ini banyak diminati oleh orang. Ikan gabus juga dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti masalah luka dan bekas luka setelah operasi, luka dalam, koreng, dan lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk cara mancing ikan gabus yang baik dan benar. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan ikan gabus.

  1. Peralatan pancing yang kokoh.

Joran untuk memancing ikan gabus harus kuat dan tidak mudah patah, karena ikan ini cukup memiliki kekuatan saat dipancing. Anda akan kehilangan ikan gabus jika joran Anda harus patah. Sehingga perlu peralatan khusus yang kokoh untuk bisa memancing ikan ini dengan baik. Gunakan jorang yang terpasang Reel agar umpan bisa dibuang jauh. Kemudian gunakan senar yang kuat, yang bisa menarik beban sekitar 50 pound atau 25 kg.

Baca Juga:

 

  1. Umpan yang cocok

Memancing apapun pasti memerlukan umpan. Cara mancing ikan gabus yang baik adalah dengan menggunakan umpan yang cocok. Ikan gabus sangat menyukai umpan yang masih segar. Adapun umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus, yaitu katak, cacing tanah, belalang, jangkrik, orong-orong, cicak, ikan kecil jenis wader, dan kadal.

  1. Kenali ikan gabus dengan baik

Mengenali sifat ikan gabus adalah salah satu cara mancing ikan gabus yang baik. Perlu Anda ketahui sifat-sifatnya. Anda tidak boleh menampakkan diri secara langsung di hadapan ikan gabus. Tidak boleh membuat gaduh di lingkungan sekitar ikan gabus, karena ikan gabus sangat sensitif dengan gerak-gerik manusia. Sehingga ikan gabus akan merasa terancam dan bisa menjauhi Anda.

Ikan gabus lebih banyak dijumpai di sungai, ada juga yang di parit-parit dan rawa yang banyak lumut maupun eceng gondoknya, persawahan dengan genangan air. Jika Anda mendapati ada anak dari ikan gabus maka dimungkinkan di situ ada induknya dan bisa dipastikan tempat itu menjadi sarang untuk ikan gabus.

  1. Waktu mancing ikan gabus yang baik

Ikan gabus cocok untuk dipancing pada waktu malam hari, karena ikan gabus mencari makan pada waktu tersebut. Ada pula yang memancing ikan gabus pada pukul 3 hingga 6 sore. Waktu-waktu tersebut merupakan waktu mancing sebagai cara mancing ikan gabus yang terbaik. Saat cuaca sedang gerimis juga merupakan waktu memancing yang baik agar bisa menemukan ikan gabus.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat akan memancing ikan gabus. Perlu mengenali karakteristik dari ikan gabus sebelum memulai memancing. Dari artikel ini juga sudah dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada cara mancing ikan gabus yang baik. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengikuti langkah di atas. Saat memancing ikan gabus, kesabaran adalah hal utama yang perlu Anda punyai, karena memancing ikan gabus itu gampang-gampang susah. Teknik memancing ikan ini perlu kecepatan serta persiapan peralatan yang kokoh untuk bisa mendapatkannya….

Leave a Reply