Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Panen Berlimpah

Budidaya ikan lele adalah salah satu hal yang perlu untuk kita coba. Banyak hal yang dapat kita peroleh saat kita melakukan pembudidaya ikan lele, salah satunya adalah kita memperoleh penghasilan tambahan dari pembudidayaan lele ini. Berikut ini cara budidaya ikan lele agar cepat panen untuk Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan lele.

Ikan lele merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele banyak dibudidayakan pada kolam-kolam ikan tawar. Bila kita melihat prospek keberlangsungan ikan lele, pembudidayaan ikan lele cukup menjanjikan. Lalu bagaimana cara budidaya ikan lele agar cepat panen.

Cara budidaya ikan lele agar cepat panen bagi pemula

Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Panen Berlimpah

Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Panen Berlimpah

 

  • Persiapan kolam untuk ikan lele

Sebelum memutuskan untuk melakukan budidaya ikan lele, satu hal terpenting yang perlu Anda persiapkan adalah siapkan lahan untuk tempat kolam Anda. Untuk masalah lahan yang perlu Anda disiapkan, Anda setidaknya memerlukan ukuran kolam 2×4 meter dengan kedalaman kolam 80 cm hingga 120 cm. Kolam ukuran tersebut dapat Anda isi untuk jumlah lele sekitar 300 hingga 500 lele. Kemudian setelah lubang atau kolam lele telah terbentuk, kemudian Anda perlu untuk memasang terpal, untuk pemasangan terpal, Anda melengkapi sisi kolam dengan pagar-pagar kayu atau mungkin agar lebih tahan lama, Anda dapat membuat sisi kolam dengan menjadikannya menjadi tembok.

Setelah pemasangan terpal selesai dilakukan, Anda dapat melakukan proses pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit pada terpal, pengapuran ini bertujuan untuk pembersihan dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang ikan lele. Selain itu dolomit juga dapat difungsikan untuk mengembalikan keasaman tanah. Dalam pemilihan tempat untuk kolam lele, usahakan juga letakkan kolam lele pada tempat yang terkena matahari.

Memilih indukan yang baik adalah salah satu cara budidaya ikan lele agar cepat panen

Untuk masalah indukan ikan lele, pilihlah indukan yang berkualitas. Kualitas ikan lele dapat dilihat dari beberapa ciri fisik ikan lele, yaitu diantaranya,

Ciri ikan lele berkualitas untuk lele jantan : Pertama ikan lele tersebut memiliki perut yang ramping, memiliki tulang kepala yang pipih, memiliki warna yang gelap, ikan lele jantan yang berkualitas biasa memiliki gerak yang lincah, memiliki alat kelamin yang cenderung runcing. Sedangkan untuk ciri ikan lele betina yang berkualitas adalah sebagai berikut pertama ikan lele betina cenderung memiliki warna yang lebih cerah, memiliki gerakan yang cenderung lamban, dan untuk alat kelamin lele betina memiliki alat kelamin yang berbentuk bulat.

Untuk masalah indukan untuk jenis lele, Anda dapat memilih lele jenis lele dumbo, lele phyton atau lele sangkuriang, jenis-jenis lele tersebut memiliki pertumbuhan yang baik atau dalam bahasa lain lele jenis-jenis tersebut cepat mengalami pertumbuhan, serta selain itu lele-lele tersebut juga memiliki daging yang empuk dan rasa yang lezat.

Manejemen pemberian pakan untuk ikan lele menjadi hal yang cukup berpengaruh juga dalam cara budidaya ikan lele agar cepat panen. Untuk ikan lele, pakan yang biasanya digunakan adalah pelet atau pur. Untuk pemilihan pakan pelet atau pur, pilihlah pakan yang memiliki kandungan nutrisi seperti misalnya protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Berikan pakan lele sebanyak 4-6 kali dalam sehari. Untuk waktu pemberian makan lele, lakukan pada pagi, siang, sore serta malam hari.

Sistem pengairan dalam budidaya ikan lele juga menjadi salah satu hal yang perlu untuk kita perhatikan. Untuk pengairan kolam lele, berikanlah aliran air untuk kolam lele tersebut sekitar 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga:

 

  • Lalu bagaimana dengan cara panen ikan lele ya

Dalam cara budidaya ikan lele agar cepat panen, tentunya kita akan bertemu dengan masa panen ikan lele. Mengenai masa panen ikan lele, ikan lele biasanya dapat dipanen jika ikan tersebut sudah berukuran kurang lebih 9-12 ekor per kilonya. Jika dihitung dari jangka bulan pembudidaya ikan lele, ikan lele biasanya dapat di panen setelah 3 hingga 4 bulan dari benih ikan lele yang berukuran 5 sampai 7 cm.

Untuk mempercepat pertumbuhan pada lele, maka bila mana perlu, Anda dapat memberikan suplemen untuk lele. Suplemen tersebut merupakan vitamin ikan lele. Vitamin ikan lele, sangat bermanfaat dalam pertumbuhan ikan lele, vitamin lele dinilai mampu

  1. Meningkatkan ikan lele menjadi lebih bagus sehingga panen lele dapat lebih cepat.
  2. Vitamin lele dapat meningkatkan bobot ikan lele
  3. Vitamin lele mengandung protein, protein membantu ikan dalam bertumbuh kembang dengan baik serta memiliki ketahanan tubuh yang mampu mencegah datangnya penyakit.
  4. Vitamin lele dapat mengurangi bau amoniak

Bagaimana? Apakah mudah cara budidaya ikan lele agar cepat panen di atas? Selamat mencoba dan semoga mendapatkan panen ikan lele yang sukses….

Leave a Reply