Cara Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar

Ada banyak hobi yang banyak dilakukan oleh beberapa orang di Indonesia ini salah satunya yaitu hobi memelihara ikan. Di Indonesia memiliki cukup banyak jenis ikan yang bisa Anda pelihara. Salah satu ikan yang bisa Anda pelihara yaitu ikan cupang. Anda juga bisa membudidayakannya dengan mengetahui bagaimana cara budidaya ikan cupang secara baik dan juga benar. Ikan cupang merupakan ikan hias yang memiliki ukuran cukup kecil dan sudah banyak orang pelihara bahkan sudah banyak yang mencoba untuk membudidayakannya. Membudidayakan ikan cupang juga dinilai sangat bermanfaat dan juga dinilai sangat menguntungkan. Namun sebelum Anda mengetahui tentang bagaimana cara untuk membudidayakannya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ada apa sajakah jenis ikan cupang yang biasa dibudidaya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Ikan cupang memang merupakan ikan hias yang mudah untuk dipelihara, bahkan cara budidaya ikan cupang ini juga dinilai sangat mudah. Ikan cupang ini juga merupakan ikan tawar yang hidup di cuaca tropis di Indonesia sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah di rawa, danau, dan juga sungai yang memiliki arus yang tidak deras. Ikan ini juga biasanya hidup secara berkelompok sehingga mudah untuk Anda temukan. Nah, sebelum Anda mengetahui bagaimana cara budidaya ikan cupang yang baik dan benar, maka simaklah berbagai jenis ikan cupang yang bisa Anda budidaya diantaranya adalah:

 

Cara Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar

 

Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang

 

  1. Cupang Plakat

Ikan cupang ini merupakan ikan yang berasal dari negara Thailand dan memiliki bentuk yang sangat kecil. Jenis ikan ini juga merupakan ikan yang sering digunakan untuk berbagai kontes keindahan dan kecantikan.

  1. Cupang Halfmoon

Ikan cupang ini merupakan cupang dengan hasil persilangan oleh para peternak budidaya ikan yang ada di negara Amerika. Warna-warna ikan cupang ini juga sangat cantik.

  1. Cupang Serit atau Crown Tail

Ikan cupang ini merupakan cupang asli dari negara kita tercinta ini yaitu Indonesia. Ciri khas dari ikan cupang ini yaitu memiliki ekor yang indah dan berserit-serit. Bukan hanya ekornya saja yang indah, namun berbagai warna drai cupang ini juga sangat indah.

Nah, setelah mengetahui apa sajakah jenis ikan cupang, maka selanjutnya yaitu memahami mengenai bagaimana cara budidaya ikan cupang di antaranya yaitu:

Baca Juga:

 

  1. Memilih induk

Cara budidaya ikan cupang yang pertama yaitu dengan memilih induk ikan cupang yang akan Anda budidaya. Pilihlah induk cupang yang sudah termasuk dalam kategori matang. Lalu bagaimana cara untuk mengetahuinya? Anda bisa dengan mudah mengetahuinya dengan melihat banyaknya gelembung yang akan muncul di permukaan air. Jika gelembung semakin banyak maka induk tersebut sudah siap untuk Anda budidaya.

  1. Mempersiapkan wadah pemijahan

Cara membudidayakan yang kedua yaitu mempersiapkan wadah pemijahan induk cupang. Anda tak perlu repot untuk mencari wadah apa yang akan digunakan, karena Anda bisa menggunakan baskom atau ember untuk wadah pemijahan.

  1. Mempersiapkan media pijah

Cara membudidayakan yang ketiga yaitu mempersiapkan media pijah. Apa fungsi dari adanya media pijah? Media pijah ini merupakan wadah atau tempat yang nantinya digunakan untuk meletakkan telur-telur cupang. Namun selain digunakan untuk meletakkan telur, wadah ini juga bisa digunakan untuk membuat busa khususnya bagi ikan cupang jantan.

  1. Mempersiapkan air untuk pemijahan

Cara membudidayakan yang keempat yaitu menyiapkan air yang akan dilakukan untuk pemijahan. Anda harus mempersiapkan air yang bersih dan juga jernih agar ikan cupang dapat bertumbuh subur dan juga sehat tentunya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan isi air di dalam wadah tersebut yang sesuai untuk ikan-ikan tersebut, dan juga suhu yang harus tepat pada wadah tersebut. Usahakan untuk mengatur suhunya sekitar 25 derajat celcius.

  1. Pemijahan

Cara budidaya ikan cupang yang terakhir yaitu langkah pemijahan. Pemijahan ini merupakan langkah kawin yang dilakukan. Namun tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena ikan cupang harus beradaptasi dengan tempat dan juga ikan lain yang akan dikawinkan. Pada awalnya, ikan cupang jantan akan dimasukkan kedalam akuarium kecil terlebih dahulu, kemudian letakkan ikan betina di dalam gelas plastik dan letakkan di sebelah akuarium tersebut. Diamkan kedua ikan tersebut sampai pada akhirnya saling suka dan siap untuk dikawinkan.

Jadi, itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk membudidayakan ikan cupang secara baik dan juga benar tentunya. Jangan lupa untuk memperhatikan bentuk ikan antara jantan dan juga betina, usahakan untuk memilih yang ukurannya sama. Jika Anda sudah bisa memahami dan mempraktekkan cara budidaya ikan cupang secara baik dan juga benar, maka Anda sudah bisa memulai usaha yang akan sangat menguntungkan ini. Nah, semoga penjelasan di atas mengenai cara mudah membudidayakan ikan cupang dapat membantu dan juga dapat bermanfaat..

Leave a Reply