Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawar untuk Pemula

Ikan bawal atau merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon, Brazil. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang memiliki bentuk pipih dan bulat layaknya ikan piranha. Ikan yang satu ini termasuk ikan yang masuk ke dalam golongan ikan karnivora di masa kecilnya dan akan berubah menjadi ikan omnivora ketika ia telah masuk usia dewasa. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat digemari oleh banyak orang. Ikan yang satu ini biasanya dikonsumsi dengan cara dibakar. Besarnya permintaan akan ikan bawal membuat banyak orang yang mencoba untuk melakukan budidaya ikan yang satu ini. Beberapa pemula masih banyak yang belajar cara budidaya ikan bawal air tawar.

Selain karena banyaknya permintaan dari pelanggan, ternyata ikan yang satu ini juga memiliki berbagai macam keistimewaan. Keistimewaan yang pertama adalah ikan yang satu ini memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga apabila dibudidayakan akan menghasilkan keuntungan dengan cepat. Keistimewaan yang kedua adalah nafsu makan yang tinggi membuat ikan yang satu ini cepat tumbuh besar. Keistimewaan yang ketiga adalah ikan yang satu ini memiliki ketahanan yang baik terhadap limnologis yang buruk. Keistimewaan yang keempat adalah ikan bawal memiliki daging yang sangat enak. Hal ini tentunya akan membuat ikan Anda sangat digemari oleh masyarakat. Melalui empat keistimewaan tersebut membuat banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengetahui cara budidaya ikan bawal air tawar dengan baik.

Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawar untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

 

 

Cara budidaya ikan bawal air tawar tentulah sangat dipengaruhi oleh pemilihan benih ikan yang baik dan benar. Banyak peternak ikan yang mengalami kegagalan karena kurang paham dalam trik memilih benih ikan. Jika Anda adalah seorang pemula yang ingin melakukan budidaya ikan bawal, maka Anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri dari benih ikan yang baik. Benih ikan yang baik untuk budidaya harus memiliki anggota tubuh yang lengkap, sehat, bergerak dengan aktif, tidak dalam kondisi cacat, serta tidak memiliki penyakit. Anda juga harus memilih benih ikan dengan ukuran yang seragam.

Hal ini bertujuan agar ikan tersebut mampu tumbuh dan berkembang secara bersamaan sehingga saat proses panen terjadi, Anda tidak akan menemukan ikan dengan ukuran atau umur yang belum siap panen. Yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memilih benih ikan yang termasuk ke dalam golongan jenis unggul. Biasanya penjual benih ikan akan memberikan beberapa sajian jenis ikan yang dapat Anda pilih.

Sebelum Anda memilih benih, tentulah Anda harus sudah mempersiapkan tempat untuk budidaya ikan bawal. Persiapan dimulai dengan menguras atau mengeringkan kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan bawal. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan ikan liar yang bersifat predator dan ikan yang bersifat penyaring makanan, memungkinkan terjadinya pertukaran udara, serta menghilangkan berbagai macam senyawa beracun yang terdapat dalam perairan. Persiapan dilanjutkan dengan memperbaiki beberapa kondisi kolam yang rusak. Anda harus memastikan bahwa tidak terdapat kebocoran.

Baca Juga:

 

Cara budidaya ikan bawal air tawar dalam proses persiapannya dapat dilanjutkan dengan pemberian kapur serta pupuk pada tanah. Setelah itu, Anda dapat mengisinya dengan air 2 sampai 3 cm dan didiamkan selama 3 hari. Jika sudah 3 hari, Anda dapat menambah air sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan ikan Anda. Anda dapat menunggu 7 sampai dengan 10 hari untuk memperoleh air berwarna hijau, barulah Anda dapat menyebar benih ikan Anda.

Penebaran benih juga tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Anda perlu melakukan adaptasi pada ika agar tidak mengalami stres ketika dipindahkan ke dalam kolam yang baru. Proses tersebut dapat Anda lakukan dengan memasukan plastik yang berisi benih ikan yang masih dalam kondisi rapat ke dalam kolam dan kemudian dibiarkan sampai mengembun. Setelah itu, Anda buka ikatan pada plastik dan biarkan air kolam masuk ke dalam plastik sedikit demi sedikit sampai ikan berada dalam kondisi yang lebih baik. Kemudian setelah itu Anda dapat menebar ikan secara perlahan. Cara budidaya ikan bawal air tawar selanjutnya masuk pada tahap pemeliharaan. Di dalam proses pemeliharaan tentunya Anda harus memperhatikan kondisi kolam serta pakan untuk ikan bawal.

Pakan yang diberikan haruslah dalam kualitas yang baik. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pertumbuhan ikan yang satu ini. Anda harus memastikan bahwa pakan yang diberikan tersebut memiliki gizi yang berada dalam kondisi yang seimbang baik karbohidrat, lemak, protein, ataupun vitamin.  Anda juga dapat memberikan pakan berupa dedaunan. Cara budidaya ikan bawal air tawar tentulah sangat dipengaruhi oleh pakan yang akan Anda berikan tersebut.

Selanjutnya Anda dapat melakukan proses panen setelah ikan bawal berumur 4 sampai dengan 6 bulan. Biasanya ikan tersebut memiliki ukuran 500 gram per ekornya dengan kepadatan 4 ekor ikan per meter perseginya. Anda dapat melakukan proses panen dengan menggunakan waring. Demikian beberapa cara budidaya ikan bawal air tawar yang dapat Anda lakukan di rumah…

Leave a Reply