Tips Cara Budidaya Ikan Guppy yang Berhasil

Ikan guppy adalah salah satu ikan yang biasanya digunakan sebagai ikan hias di aquarium rumah Anda atau secara sengaja Anda berikan di kolam kecil rumah Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara khusus mengenai cara budidaya ikan guppy. Ikan guppy ternyata adalah salah satu ikan yang memiliki tingkat perkembangan yang tinggi. Ikan ini cepat sekali berkembangbiak dan cara perawatannya pun sangat mudah. Lalu bagaimana cara budidaya ikan guppy agar ikan guppy milik Anda bisa cepat hamil dan cepat beranak? Hal yang perlu Anda perhatikan adalah dengan memilih bibit yang unggul baik bibit jantan ataupun bibit betina. Pertama, pilihkan indukan yang bagus dari guppy betina yang berumur antara tiga sampai empat bulan dengan kualitas terbaik yang sudah di pisahkan. Pilihlah indukan jantan dengan kualitas terbaik yang bisa Anda pilih dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri yaitu ikan guppy yang memiliki warna paling indah yang sama dengan induknya.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk memulai budidaya ikan guppy adalah lokasi dan tempat yang cocok. Anda bisa menyiapkan kolam yang terbuat dari semen atau yang terbuat dari terpal, aquarium, atau jika Anda tidak memiliki keduanya Anda bisa menggunakan ember dengan masing-masing ukuran sekitar 30cm x 30cm. Pemisahan jantan dan betina bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara budidaya ikan guppy agar cepat hamil. Pemisahan 2 betina dan 1 jantan juga bisa dilakukan dengan tahap perkawinan massal yaitu dengan menyediakan 10 betina dan 5 jantan atau pisahkan ikan-ikan tersebut dan pindahkan ke dalam kolam atau ember yang khusus digunakan untuk perkawinan ikan guppy secara massal.

Tips Cara Budidaya Ikan Guppy yang Berhasil

Cara Budidaya Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy

 

Perkawinan massal tersebut menjadi salah satu alternatif solusi cara budidaya ikan guppy dalam waktu singkat. Perkawinan massal tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1 minggu sampai dengan 2 minggu atau 14 hari. setelah dua minggu, pemisahan kembali dilakukan dengan memilah ikan betina dan ikan jantan. Ikan betina yang sudah hamil ditandai dengan bentuk perut ikan betina yang sudah membuncit dan ada beberapa titik hitam di sekitar perutnya.

Titik hitam tersebut adalah mata dari calon bibit ikan guppy tersebut. proses pemijahan yang berhasil selanjutnya dilakukan dengan memisahkan kedua bibit sehingga tidak lagi diganggu oleh ikan jantan. Waktu yang dibutuhkan untuk kehamilan ikan guppy memiliki periode 30 hari dan dari satu induk bisa menghasilkan 20-50 ekor ikan guppy kecil. Pemberian asupan nutrisi yang baik bisa Anda jadikan sebagai tips jitu sebagai salah satu cara budidaya ikan guppy sehingga proses kehamilan yang pada umumnya berlangsung antara 25-30 hari bisa ditempuh dalam waktu yang lebih singkat. Perawatan ekstra juga bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan proses percepatan kehamilan tersebut. Kutu air dan cacing adalah salah satu jenis makanan yang sangat cocok dikonsumsi oleh ikan guppy yang sedang hamil yang bisa Anda berikan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga:

 

Tanaman air yang banyak perlu Anda lakukan sebelum indukan ikan guppy melahirkan yang dapat digunakan untuk tempat sembunyi ikan-ikan guppy karena ikan guppy cenderung kanibal terhadap anak-anak yang baru saja ia lahirkan. Ikan guppy yang melahirkan antara 20-50 ekor makan ikan atau bibit tersebut bisa digunakan sebagai bibir pemijahan kembali setelah 2 minggu pasca melahirkan anak-anaknya. Untuk perawatan ikan guppy yang baru saja lahir bisa Anda tempuh dengan cara yang mudah yaitu dengan tidak langsung memberi makan ikan-ikan tersebut meskipun baru lahir. Anda bisa memberikan pakan kepada ikan tersebut setelah 3-5 hari dengan memberi makan artemia atau infusoria.

Ikan guppy yang memiliki bentuk yang cantik dengan warna-warna dan perpaduan yang indah ini sudah tentu menjadi incaran banyak kalangan sehingga sudah tentu Anda harus mencoba beberapa cara budidaya ikan guppy yang sudah kita jelaskan di atas. Kualitas air di suatu daerah ternyata bisa diukur dengan memperhatikan daur hidup ikan guppy. Ikan ini hanya bisa hidup di air yang jernih. Ikan ini ternyata ikan yang berasal dari Amerika tengah dan Amerika latin atau Amerika selatan.

Sekitar tahun 1920-an, ikan ini dibawa ke Indonesia dan dinobatkan sebagai ikan aquarium tetapi kemudian dilepaskan di perairan bebas sehingga sekarang ikan ini menyebar di seluruh Indonesia. Ikan guppy memiliki banyak jenis sehingga untuk membedakannya, Anda bisa memperhatikan bentuk ekor dari setiap ikan guppy. Nah, jika Anda adalah penyuka ikan hias dan secara tidak langsung tertarik dengan budidaya ikan guppy. Anda bisa dengan mudah melakukan cara budidaya ikan guppy dan menjadikan usaha ini sebagai bisnis Anda dengan untung yang berlipat….

Leave a Reply