Arwana Super Red Fakta Dan Kebiasaan Uniknya

Berbicara tentang ikan, Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan jenis ikan terbanyak di dunia. Hal ini karena Indonesia memiliki iklim tropis yang hangat sehingga sangat cocok sebagai tempat hidup jutaan jenis ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut. Bahkan Indonesia menjadi negara yang memiliki beberapa jenis ikan yang langka dan banyak dicari. Salah satu jenis ikan yang langka dan banyak dicari orang yang terdapat hanya di Indonesia adalah arwana super red. Di banyak negara dan di Indonesia sendiri, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang paling dicari karena ikan ini memiliki warna yang sangat indah yaitu didominasi warna merah dan merupakan ikan yang dianggap membawa keberuntungan.

Mendengar nama ikan arwana, pastilah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tapi jangan salah kalau salah satu jenis dari ikan ini merupakan jenis ikan arwana paling indah dan paling dicari. Arwana super red adalah jenis ikan warna endemik dari Indonesia yaitu berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Ikan ini memiliki warna merah yang mencolok dan indah yang mendominasi seluruh tubuhnya. Ikan ini merupakan ikan purba yang sudah ada sejak zama dinsaurus dan masih bertahan hingga sekarang. Di habitat aslinya, ikan ini hidup di perairan yang memiliki pH antara 7 sampai dengan 7,5. Ikan ini memiliki beberapa ciri-ciri mendasar yang sangat mudah dilihat dengan kasat mata.

Arwana Super Red Fakta Dan Kebiasaan Uniknya

Arwana Super Red

Arwana Super Red

Baca Juga:

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari arwana super red :

  • – Ikan ini memiliki ekor berwarna merah. Warna merah pada ekor ikan ini bisa berkombinasi dengan warna-warna lainnya seperti warna kuning, merah cerah maupun merah gelap.
  • – Di beberapa bagian tubuh ikan ini terdapat beberapa warna yang menghiasi seperti di bagian kumis bibis dan sirip ikan memiliki warna kuning, merah muda maupun merah.
  • – Sisik ikan ini terlihat mengkilap apabila dilihat secara kasat mata sehingga sangat mencolok.
  • – Ikan ini memiliki kepala seperti sendok, bibir bawah yang lebih maju dari bibir atas dan tubuh yang gagah. Sisik ikan ini sangat rapi dan memiliki ekor yang lebar.
  • – Ikan ini memiliki gaya berenang yang lincah dengan gaya berenang tegak lurus.
  • – Ikan ini adalah jenis ikan yang tidak takut ketika dipegang maupun diberi makan.

Ikan arwana super red ini memiliki beberapa jenis yang bisa dilihat dari variasi warna yang menghiasi tubuhnya. Berikut adalah beberapa jenis ikan super red berdasarkan warna di tubuhnya.

  • – Arwana blood red adalah salah satu jenis ikan super red yang memiliki warna dasar emas. Ikan ini memiliki warna sisik yang mengkilap dan ekornya berwarna merah transparan.
  • – Arwana Chili Red adalah jenis ikan super red yang memiliki warna dasar coklat kemerahan. Ikan ini diberi nama ikan cabai katena di bagian ringnya memiliki warna merah cabai dan ekornya merah kecoklatan.
  • – Arwana Ultra Red adalah jenis ikan super red yang memiliki warna sisik orange dan berkilau putih. Ekor ikan ini berwarna merah sedangkan ringnya juga berwarna merah.
  • – Arwana Papaya Red adalah jenis ikan super red yang memiliki warna dasar hijau. Ring dan ekor ikan ini berwarna jingga dan merah kekuningan.
  • Arwana Super Red Klasik adalah jenis ikan super red yang selanjutnya. Ikan ini tergolong jenis super red yang paling mudah ditemui karena jumlahnya yang banyak. Ikan ini memiliki warna dasar putih kekuningan sedangkan di bagian ringnya berwarna merah dan ekornya berwarna merah muda.

Bila Anda tertarik untuk memelihara arwana super red, maka ada beberapa cara untuk memilih ikan yang bagus. Berikut adalah beberapa cara memilih ikan arwana untuk bisa mendapatkan ikan arwana dengan kualitas terbaik.

  • – Ikan arwana yang berkualitas bisa dilihat dari ketika ikan ini masih kecil. Ikan yang bagus memiliki cekungan di bagian atas kepalanya yang disebut dengan spoon head. Cekungan di kepalanya menandai bahwa ikan ini memiliki kualitas yang bagus.
  • – Ikan yang bagus juga ditandai dengan ekor yang bagus. Ekor ini akan mempengaruhi gaya berenang dari ikan ini. Ikan yang memiliki ekor yang bagus gaya berenangnya pun akan terlihat bagus dan anggun. Ekor yang bagus berbentuk lebar dan mekar.
  • – Ikan yang bagus memiliki bentuk mulut yang menutup dengan rapat. Bibir atas dan bibir bawah juga proporsional dan rapi. Warna bibir yang bagus berwarna merah agak merah muda dan tidak pucat.
  • – Sirip ikan ini yang bagus terlihat panjang dan melengkung yang rapi.
  • – Bila Anda tertarik memelihara ikan ini dari sejak anakan, maka sebaiknya Anda memilih ikan yang memiliki warna dasar hijau karena ketika besar ikan ini bisa memiliki warna merah yang bagus.

Arwana super red merupakan salah satu jenis ikan arwana dengan harga yang sangat mahal. Ikan ini bisa mencapai ratusan juta karena langka dan karena ikan ini dinggap mendatangkan keberuntungan. Pastikan Anda membeli ikan yang berchip dan bersertifikat..

Leave a Reply