Informasi Lengkap Arwana Irian Harga Dan Perawatannya

Arwana memang salah satu ikan endemik Indonesia yang menjadi favorit banyak kolektor ikan. Hal ini karena ikan arwana merupakan salah satu ikan purba yang masih bertahan hingga sekarang dan memiliki bentuk tubuh dan warna yang unik. Tak aneh apabila banyak orang yang ingin memelihara ikan ini walaupun harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Salah satu ikan yang memiliki popularitas di kalangan para pecinta ikan adalah ikan Arwana Irian. Dari namanya saja, pastilah Anda sudah menduga bukan dari manakah ikan ini berasal? Yap benar sekali, ikan ini berasal dari Irian Jaya atau Papua. Ikan ini merupakan salah satu ikan endemik di tanah Irian dan banyak dikagumi karena warnanya yang indah dan langka.

Arwana Irian sebenarnya bukan hanya terdapat di Irian atau Papua saja, tetapi ikan ini juga hidup di Australia. Ikan ini memiliki nama latin sclerpoages jardini, atau ikan arwana jardini. Ikan ini juga memiliki nama-nama lain seperti Gulf Saratoga Baramundi, Australian Pearl Arwana, Northern Spotted, Autralian Arwana, Silver Barramundi, dan Northern Barramundi. Di alam bebas, ikan ini hidup di Sungai Fitzory di Queensland Australia dan beberapa sungai di Papua. Ikan ini hidup di air sungai yang tenang dan berenang di permukaan air. Di alam bebas, ikan ini bisa tumbuh mencapai 17 kg berat tubuhnya. Ikan ini memiliki keindahan yaitu sisiknya akan berkilau apabila terkena lampu sehingga dijuluki dengan Pearl Arwana atau ikan mutiara di Australia. Ada beberapa perbedaan yang menjadikan ikan ini berbeda dengan ikan arwana lainnya seperti Arwana Super Red, yaitu ikan ini memiliki jumlah sisik yang lebih banyak yaitu mencapai 7 sampai 8 baris sisik. Selain itu, arwana jenis ini memiliki sisik yang lebih kecil.

Informasi Lengkap Arwana Irian Harga Dan Perawatannya

Arwana Irian

Arwana Irian

Baca Juga:

 

Berikut adalah beberapa ciri fisik dari Arwana Irian.

  • – Ikan ini memiliki jumlah sisik yang lebih banyak dari pada ikan arwana lainnya yaitu dapat mencapai 7 sampai 8 baris sisik.
  • – Sisik ikan ini lebih kecil dibandingkan dengan ikan arwana lainnya.
  • – Sisik ikan ini berbentuk bulan sabit dengan warna yang kusam perpaduan antara warna hijau dan merah.

Ikan Arwana Irian ini memiliki dua jenis yaitu Red Pearl dan Green Pearl. Berikut adalah ciri fisik dari Red Pearl dan Green Pearl.

  • – Red Pearl adalah jenis yang paling mudah dikenali. Hal ini karena ikan ini memiliki corak yang khas yaitu garis berwarna merah muda di sekitar mata dan insangnya.
  • – Greean Pearl atau mutiara hijau adalah jeni yang memiliki warna lebih polos dengan sisik berbintik kehijauan dengan sirip berwarna abu-abu dan hitam. Di bagian punggung ikan, terdapat titik-titik putih. Titik-titik putih ini juga terdapat pada bagian punggung dan sirip.

Bila Anda ingin memeliharanya, ada beberapa cara yang untuk memelihara ikan Arwana Irian dengan cara yang baik dan benar, antara lain :

  • – Anda harus menyediakan akuarium yang besar karena ukuran ikan ini relatif besar ketika dewasa. Di alam bebas, ikan ini bisa mencapai panjang 1 meter dan bila dipelihara di akuarium ikan ini tetap bisa tumbuh besar mencapai 60 cm. Ukuran akuarium yang ideal untuk memelihara ikan ini adalah 3 kali panjang tubuhnya sedangkan lebar akuarium adalah 1,5 kali panjang tubuhnya. Hal ini karena ikan ini termasuk ikan yag aktif berenang sehingga akuarium haruslah bisa mewadahi ikan berenang.
  • – Anda harus rutin memeriksa kebersihan filter. Sebaiknya, Anda menyediakan filter yang bagus agar sirkulasi air lancar dan jernih.
  • – Setelah pemberian makanan, sebaiknya Anda membersihkan akuarium. Hal ini penting karena ikan ini termasuk dalam jenis ikan predator maka apabila diberi makan dapat membuat air menjadi keruh.
  • – Anda harus rutin membersihkan aerasi agar perputaran oksigen di dalam akuarium bisa berjalan dengan stabil.
  • – Selain air, kaca akuarium juga harus diperhatikan kebersihannya hal ini agar keindahan ikan dapat terlihat dengan baik dan jelas.
  • – Anda harus memperhatikan kandungan amonia, nitrit dan nitrat dalam air karena ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan air.
  • – Suhu di dalam air juga harus terjaga dengan stabil beserta kadar pH-nya. Hal ini penting dilakukan karena ikan ini sangat mudah stres apabila suhu dan pH airnya berubah dengan cepat. pH air ideal dalam kisaran 6,5 sampai dengan 7,5 sedangkan suhunya 24 sampai 30 derajad.

Bila Anda tertarik untuk membeli dan memelihara ikan Arwana Irian, maka Anda perlu mengetahui berapa kisaran harga ikan ini di pasaran. Di pasaran, ikan ini memiliki harga yang lebih terjangkau dari pada ikan Arwana Super Red. Ikan Arwana Irian ini memiliki harga kisaran Rp 350.000,- untuk bibit atau anakan dan Rp 3.500.000,- untuk ikan dewasa…

Leave a Reply