Arwana Golden Red Fakta Unik Dibalik Warnanya

Tak,bosan-bosannya membicarakan kekayaan alam yang terkandung dalam alam Indonesia. Indonesia memang dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa, mulai dari keindahan alamnya dengan berbagai jenis makhluk hidup yang hidup di dalamnya. Alam Indonesia dihuni oleh jutaan jenis makhluk hidup dari mulai tumbuhan hingga hewan, baik di darat maupun lautan. Sebagai negara tropis, hewan dan juga tumbuhan yang hidup di alam Indonesia sering kali memiliki keindahan yang tak ada di belahan bumi lainnya. Salah satu yang banyak dikagumi dari masyarakat dunia tentang Indonesia adalah beragamnya spesies ikan yang ada di Indonesia. Karena perairan Indonesia adalah jenis perairan tropis yang hangat, maka akan banyak sekali jenis ikan dengan bentuk dan warna-warna yang indah bersliweran di perairan Indonesia. Salah satu ikan yang cukup terkenal di Indonesia adalah ikan arwana dengan salah satu jenisnya yang memiliki warna mempesona adalah arwana golden red.

Sebenarnya, seperti apakah ikan arwana golden red itu? Mungkin banyak orang yang sudah sangat familiar dengan ikan arwana karena ikan ini sering kali menjadi salah satu ikan peliharaan masyarakat. Namun, ikan arwana sesungguhnya memiliki salah satu jenis dengan warna yang sangat bagus, yaitu jenis golden red. Mengapa diberi nama golden red? Ikan arwana dengan jenis golden red tersebut memang memiliki warna tubuh yang cukup cantik yaitu perpaduan antara warna golden atau keemasan dan warna merah. Kedua warna tersebut bercampur dalam tubuh ikan arwana dengan kulitnya yang mengkilap. Ikan arwana ini memiliki nama latin scleropages aureus. Ikan arwana dengan warna golden red ini dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu ikan arwana dengan warna golden red dari Indonesia dan ikan arwana dengan warna golden red dari Malaysia.

Arwana Golden Red Fakta Unik Dibalik Warnanya

Arwana Golden Red

Arwana Golden Red

Baca Juga:

Ikan Arwana golden red dari Indonesia merupakan jenis ikan arwana yang berasal dari Riau yang sering disebut dengan red tail golden. Ikan ini di alam bebas hidup di sungai air tawar dengan air yang bersifat asam dengan pH < 6 dengan ciri-ciri air berwarna lebih pekat dan kemerah-merahan. Ikan ini memiliki sifat yang lebih agresif dari pada ikan arwana jenis lain.

Ikan ini memiliki ciri-ciri antara lain memiliki warna emas yang melintang melewati punggungnya hingga mencapai sisik di baris keempat. Ikan ini tergolong sebagai ikan yang dilindungi karena jumlahnya di alam bebas semakin berkurang. Sedangkan ikan arwana golden red dari Malaysia merupakan ikan arwana dengan warna merah dan golden yang terdapat di beberapa daerah di Malaysia seperti di Perak, Johor dan Danau Bukit Merah. Ikan ini juga dikenal dengan nama Crossback Golden karena pada punggung ukan ini berwarna emas. Di Malaysia, ikan ini memiliki banyak nama yang disesuaikan dengan asal daerah ikan tersebut seperti Mukit Merah Blue, Golden Pahang maupun Malaysia Gold.

Walaupun keduanya merupakan sama-sama ikan arwana dari jenis arwana golden red, namun kedunya memiliki perbedaan. Untuk bisa melihat perbedaan diantara keduanya, maka ikan harus mencapai ukuran kurang lebih 20 cm. Untuk ikan golden red dari jenis crossback golden memiliki warna emas pada seluruh tubuh dan menutupi bagian punggungnya. Hal ini berbeda dengan red tail golden yang di bagian punggungnya tidak memiliki warna emas tapi cenderung abu-abu.

Cara Merawat

Bila Anda tertarik untuk memlihara ikan arwana golden red ini, maka Anda harus memperhatikan cara-cara merawat ikan ini.

  • – Anda harus menyesuaikan ukuran akuarium dengan ukuran badan ikan. Ikan memiliki tubuh yang memanjang dan ikan ini tergolong ikan yang aktif bergerak ketika berada di akuarium. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan akuarium dengan ukuran yang lebih besar dari panjang tubuhnya agar ikan ini bisa bebas bergerak.
  • – Selain ukuran akuarium yang harus diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan pH air. Hal ini karena ikan ini sangat sensitif dengan ukuran pH. pH air sebaiknya berada pada kisaran 7 dengan suhu air mencapai 27 derajad celcius agar menyerupai habitat aslinya.
  • – Akuarium juga harus dilengkapi dengan lampu yang cukup terang agar ikan semakin nyaman berada di akuarium.
  • – Untuk jenis makanannya, Anda bisa menggunakan pakan hidup seperti ikan-ikan kecil.
  • – Untuk kebersihan akuarium, Anda perlu rutin membersihkannya, terutama setelah ikan makan karena sisa makanan di akuarium bisa membuat akuarium menjadi keruh.
  • – Untuk mengganti air, Anda sebaiknya mengganti air seminggu sekali sekitar seperempat air akuarium.

Harga ikan

Bila Anda tertarik untuk memelihara ikan ini, Anda sebaiknya menyiapkan biaya yang tidak sedikit. Ikan ini tergolong dalam ikan yang memiliki harga cukup tinggi dan disesuaikan dengan kualitas ikan tersbut. Pada harga yang relatif wajar, ikan arwana golden red dijual dengan harga Rp 420.000,- untuk bibit dan Rp 4.200.000,- untuk ikan dewasa…

Leave a Reply